Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

SIASAT.CO.ID - Tomat merupakan salah satu makanan yang banyak digemari individu karena mengandung banyak manfaat nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Manfaat tomat lain yakni mengandung berbagai vitamin dan senyawa penangkal penyakit yang menyehatkan disebut senyawa likopen.

Ternyata Buah merah ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti kulit, biji dan daging buah tomat banyak dimakan karena memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kemudian tomat mengandung lebih banyak likopen dari pada buah atau sayuran lainnya. Dengan sekitar 2-3 gram tomat ukuran sedang. Sementara itu jus tomat mengandung lebih banyak likopen dari pada tomat mentah.

Baca Juga: Mudah Ditemui, Ini 6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Adapun 100 gram tomat mengandung macam nutrisi seperti 93 gram air, 24 kalori, 2 gram protein, 0,7 lemak, 3,3 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 5 mg kalsium, 27 gram fosfor dan nutrisi dan vitamin lainnya.

Berikut Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh:

Ada banyak cara bagi kita untuk tetep menjaga badan agar tetap bugar dan sehat.

Misalnya mengontrol asupan makanan dengan baik. Konsumsi banyak sayuran dan buah seperti tomat.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Tomat sebenarnya menjaga kadar gula darah secara alami. Sementara itu bagi penderita diabetes tipe 1, mengkonsumsi tomat salah satunya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sedangkan bagi penderita diabetes tipe 2 mengkonsumsi tomat dapat menurunkan kadar gula dan kadar lemak.

  1. Mengurangi masalah pencernaan

Serat yang terkandung dalam tomat bagus untuk dikonsumsi karena baik bagi pencernaan. Mengkonsumsi tomat dengan teratur dapat mencegah sembelit.

  1. Mengurangi risiko stroke

Meningkatkan konsumsi tomat setiap harinya dapat mencegah penyakit stroke. Karena adanya senyawa likopen dalam tomat. Senyawa likopen dapat mengurangi peradangan, pembekuan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengurangi risiko serangan jantung

Tomat mengandung likopen baik untuk mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, kandungan likopen memiliki efek menunrunkan kolesterol yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

  1. Mengurangi risiko kanker

Vitamin C dan antikosidan yang terkandung dalam tomat bisa melawan radikal bebas penyebab kanker dann senyawa likopen juga bisa membantu mencegah kanker prostat.

Sumber: