Ganjar Sowan ke Ulama Besar di Banten, Loyalis Anies Langsung Mencak-mencak: Ini Bukti Politik Identitas

Ganjar Sowan ke Ulama Besar di Banten, Loyalis Anies Langsung Mencak-mencak: Ini Bukti Politik Identitas

SIASAT.CO.ID - Mantan Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar, mengkritik pertemuan bakal calon presiden (bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo, dengan salah satu ulama besar di Provinsi Banten, Abuya Ahmad Muhtadi Dimyathi atau akrab disapa Abuya Muhtadi pada Minggu, 28 Mei 2023 kemarin.

Umar secara terang-terangan menyebut silaturahmi Ganjar di Banten itu adalah bagian dari praktik politik identitas. Sebab, Gubernur Jawa Tengah itu diduga datang dengan tujuan politis untuk kepentingan Pilpres 2024 mendatang.

Padahal, menurutnya, politik identitas merupakan praktik haram yang dilarang dalam sistem pelaksanaan Pemilu. Isu ini pula yang kerap dituduhkan kepada Anies Baswedan, yang tak lain merupakan figur capres jagoan Musni Umar.

https://youtu.be/z9xFdwzfcbY

"Ini bukti politik identitas yang katanya tidak boleh diamalkan dalam kampanye pemilu," ucap loyalis Anies Baswedan ini, dikutip dari akun Twitter @musniumar Selasa, 30 Mei 2023.

Adapun Ganjar Pranowo baru saja melangsungkan pertemuan dengan Abuya Muhtadi pada Minggu kemarin. Kedatangannya bertujuan membangun silaturahmi kepada ulama ternama asal Banten itu.

Ganjar mengaku kedatangannya disambut hangat oleh Abuya Muhtadi. Ia bahkan memperoleh banyak nasihat dari Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Ulum Cidahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang itu.

"Tadi kita silaturahmi dengan Abuya Muhtadi dan tentu senang mendapatkan nasihat dari orang tua kita, di mana kita bisa melaksanakan dengan hal-hal yang baik," ungkap Ganjar di Ponpes Roudlotul Ulum.

Ganjar datang ke Banten didampingi Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah. Saat Abuya datang, Ganjar dipersilakan duduk di tempat Presiden Jokowi duduk saat sowan, dahulu.

Baca Juga: Gelojoh Jokowi atas Kuasa

Usai pertemuan, Ganjar mengaku dapat banyak nasihat dari Abuya Muhtadi.

"Beliau bertanya tentang keluarga saya. Kami senang mendapat banyak nasihat dari orang tua. Mudah-mudahan (nasihat yang disampaikan) bermanfaat," kata Ganjar.

Sumber: