Orang dengan Satu Ginjal, Masihkah Bisa Hidup Normal?

Orang dengan Satu Ginjal, Masihkah Bisa Hidup Normal?

Orang yang hanya punya satu ginjal masihkah bisa hidup normal?--Foto: istimewa.

SIASAT.CO.ID - Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Pringgodigdo Nugroho, menjelaskan bahwa seseorang dengan satu ginjal yang sehat masih dapat menjalani kehidupan normal, meskipun dengan beberapa catatan.

Orang dengan satu ginjal yang sehat bisa hidup seperti Orang normal, namun, memang jelas, ya, karena (jumlah) ginjal tadinya dua, tinggal satu, akan terjadi penurunan (fungsi ginjal),” kata Pringgodigdo pada acara wicara daring, Senin.

Banyak orang memiliki hanya satu ginjal, baik karena menjadi pendonor, bawaan lahir, atau menjalani operasi pengangkatan ginjal karena kondisi medis tertentu.

Pringgodigdo menekankan bahwa orang dengan satu ginjal akan mengalami penurunan fungsi ginjal, umumnya sekitar 50 persen. Meskipun demikian, orang dengan satu ginjal masih bisa menjalani kehidupan dan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Dokter tersebut menjelaskan bahwa ginjal yang tersisa akan secara otomatis memberikan kompensasi pada tubuh dan meningkatkan fungsinya di atas 50 persen.

BACA JUGA:3 Cara Mencegah Penyakit, Akibat Asap Dan Debu Vulkanik Letusan Gunung Berapi

“Fungsi sisanya akan lebih dari 50 persen karena akan ada kompensasi, dia akan sedikit meningkat. Dengan fungsi ginjal yang lebih dari 50 persen, biasanya tidak ada keluhan apapun, bisa beraktivitas seperti orang normal. Karena dengan fungsi ginjal 30 persen pun, biasanya tidak ada keluhan,” Pringgodigdo menjabarkan.

Menjaga Kesehatan Ginjal Setelah Operasi

Meskipun hidup dengan satu ginjal adalah mungkin, tetap penting untuk merawat kesehatan ginjal yang tersisa dan mengadopsi gaya hidup sehat demi mencegah potensi masalah kesehatan ginjal di masa mendatang.

Orang yang memiliki satu ginjal biasanya dapat menjalani kehidupan yang normal dan sehat dengan perhatian dan perawatan yang sesuai.

Selain menjaga pola makan, berolahraga, dan menerapkan gaya hidup sehat, dr. Pringgodigdo menyarankan agar orang dengan satu ginjal berhati-hati dalam pemilihan obat-obatan. Mereka perlu memilih obat yang aman untuk fungsi ginjal mereka.

"Berat badan berlebih atau obesitas juga dapat memengaruhi fungsi ginjal. Penggunaan obat-obatan harus diperhatikan dengan cermat, terutama yang memiliki sifat nekrotoksik, dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanannya bagi pasien dengan penurunan fungsi ginjal," jelas dr. Pringgodigdo.

BACA JUGA:Psikiater: Kesehatan Mental Perlu Diperhatikan Hadapi Bonus Demografi Indonesia

Ginjal memiliki peran krusial dalam tubuh manusia, termasuk dalam pembuangan racun, pengaturan keseimbangan air dan elektrolit, pengaturan tekanan darah, produksi hormon, dan aktivasi vitamin D.

Sumber: