Mengenal Es Selendang Mayang, Minuman Kuno Khas Betawi

Mengenal Es Selendang Mayang, Minuman Kuno Khas Betawi

SIASAT.CO.ID – Indonesia memiliki banyak sekali minuman khas yang tentunya menjadi favorit masyarakat daerahnya. Salah satu minuman khas yang populer di Jakarta adalah Es Selendang Mayang.

Es Selendang Mayang merupakan minuman khas masyarakat etnis Betawi.

Es Selendang Mayang saat ini jarang ditemukan di kalangan masyarakat Betawi sendiri. Konon, es ini dianggap minuman kuno.

Di acara-acara tertentu seperti Hari Raya Betawi, minuman ini disajikan dan sering disertai dengan label "minuman Betawi jadul”.

Baca Juga: Resep Minuman dari Buah Kurma, Rasanya Nikmat dan Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa

Selain menyegarkan, minuman ini dapat mengurangi rasa lapar karena dibuat dengan bahan dasar tepung beras.  

Beberapa penjual di daerah Kota Tua, Jakarta membuat minuman ini dengan bahan dasar tepung hunkwe dengan alasan lebih mudah dan efisien.

Lapisan selendang mayang yang terdiri dari warna putih berasal dari santan. Sedangkan warna merah muda dan hijau berasl dari pewarna makanan serta daun pandan.

Penjualnya biasa memotong kue selendang mayang berbentuk persegi menggunakan bambu tipis yang berbentuk seperti pisau kemudian disajikan di mangkuk.

Baca Juga: Resep Coconut Milkshake, Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

Setelah itu, kue disiram dengan pemanis dari gula merah atau sirup, santan, dan potongan es batu.

Es Selendang Mayang ini biasa dijual dengan kisaran harga Rp3.000 hingga Rp5.000 saja.

Meskipun harganya terbilang cukup murah dan terjangkau, rasa Es Selendang Mayang ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi para peminatnya, minuman ini membuat ketagihan karena cocok dinikmati pada musim kemarau.

Sumber: