Belajar Parenting ala Rasulullah, Para Ayah Wajib Tahu

Senin 17-04-2023,09:58 WIB
Reporter : Fitria Fera Diana
Editor : Fitria Fera Diana

Lalu Rasulullah bersabda , “Bertakwalah kamu kepada Allah dan berlaku adillah kamu di antara anak-anakmu.” Akhirnya, Nu’man mencabut kembali pemberiannya. (HR. Nukhari).

Baca Juga: Apa Itu Father Hunger? Kenali Agar Tidak Berdampak Pada Anak

  1. Mengajari Berpuasa

Mengajari anak berpuasa saat masih berusia dini sangat penting, apalagi anak tersebut sudah dalam status balig. Diriwayatkan oleh Ar-Rubayyi’ binti Mu-awwidz beliau berkata, “Kami menyuruh puasa anak-anak kami. Kami buatkan untuk mereka mainan dari perca. Jika mereka menangis karena lapar, kami berikan mainan itu kepadanya hingga tiba waktu berbuka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

  1. Mengajari Salat, Doa, dan Zikir

Mengajari anak untuk melaksanakan salat harus dibiasakan sejak mereka masih kecil, berdoa dan berzikir mulai dari doa-doa saat hendak tidur, keluar rumah bahkan mengajarkan zikir-zikir harian agar terhindar dari godaan jin.

Rasulullah bersabda, “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk melaksanakan salat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Resep Seblak yang Jadi Makanan Primadona di Kalangan Anak Muda

  1. Mengajari Batasan Pergaulan

Mengajarkan kepada anak untuk mengetahui batasan antara laki-laki dan perempuan agar mereka bisa mengontrol nafsu mereka

  1. Mengajari Berpakaian

Seorang ayah sudah sepatutnya memberikan pemahaman kepada anak-anaknya agar mereka mengetahui batasan-batasan dalam berpakaian. Sebab cara berpakaian laki-laki dan perempuan amat berbeda.

Dijelaskan dalam surah Al-Ahzab ayat 59, "Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrinya dan putri-putrimu serta wanita-wanita kaum mukminin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka di atas tubuh mereka. Hal itu lebih pantas bagi mereka untuk dikenali (sebagai wanita baik-baik) hingga mereka tidak diganggu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Itulah beberapa gaya parenting ala Rasulullah SAW dalam mendidik anak yang dapat dicontoh oleh para ayah. Sebab sejatinya mendidik dan menyayangi anak merupakan perintah agama yang harus diterapkan.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler