AS Jual Senjata ke Taiwan, China: Jangan Main Api!

Selasa 18-04-2023,23:20 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - China, melalui Kementerian Luar Negerinya (Kemlu) memperingatkan Amerika Serikat terkait penjualan senjata ke Taiwan, dan menyebut tindakan tersebut sebagai main api.

Juru bicara Kemlu China, Wang Webin, Selasa 18 April 2023, dalam jumpa pers memperingatkan penjualan senjata AS ke Taiwan, dan beberapa faktor lain yang mengancam keamanan Selat Taiwan.

Ia menegaskan, "Sejumlah pihak di AS, berusaha memanfaatkan Taiwan, untuk mengendalikan China. Langkah ini sangat berbahaya, dan termasuk tindakan main api." Ujarnya.

Wang Webin menambahkan, seyogyanya AS bisa menahan diri dari segala usaha-usaha yang dinilai mengganggu, terlebih mengambil langkah terlalu jauh terhadap konflik antara China dan Taiwan.

"Beijing meminta Washington, untuk menghormati prinsip Satu China, dan tiga pernyataan bersama lain, juga meminta AS untuk mengakhiri penjualan senjata dan hubungan dengan Taiwan, serta menghentikan faktor-faktor lain yang dapat mengancam keamanan Selat Taiwan." Tegasnya.

Baca Juga: Dunia Berubah, China Diprediksi Akan Menggeser Dominasi AS

Ketegangan AS dan China dari hari ke hari terus mengalami peningkatan sejak lawatan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke Taiwan.

Pemerintah Beijing, menilai kunjungan Ketua DPR AS, ke Taiwan, sebagai langkah provokatif, dan intervensi dalam urusan internal serta dukungan terhadap kelompok separatis Taiwan.

AS terus melakukan provokasi padahal negara ini mengakui secara resmi prinsip Satu China, dan mengaku berkomitmen pada prinsip ini.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler