Konflik Sudan, Kemenlu: 1.209 WNI Sudah Dievakuasi

Rabu 19-04-2023,23:36 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan sejauh ini dalam kondisi aman, kendati eskalasi perang di negara tersebut semakin tinggi.

"WNI yang terdata di KBRI 1.209 orang. Sejauh ini mereka aman dan sudah ada yang dipindahkan ke tempat yang lebih aman, khususnya ke KBRI," kata juru bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu, 19 April 2023.

Sebelumnya diberitakan, ada 15 WNI yang dievakuasi ke KBRI Khartoum. Faizasyah belum mengonfirmasi apakah upaya evakuasi ini akan terus dilakukan untuk seluruh WNI di Sudan.

Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI) Kemlu, Judha Nugraha mengatakan bahwa KBRI Khartoum telah mendistribusikan bantuan logistik kepada sejumlah WNI terdampak di sejumlah kawasan di Khartoum.

Baca Juga: Update Terbaru, Ada 2 WNI Yang Menjadi Korban Dalam Gempa Magnitudo di Turki

"Bantuan diberikan kepada sekitar 200 WNI terdampak perang yang mayoritas berstatus mahasiswa dan pekerja migran," kata Judha dalam keterangannya, Rabu, 19 April 2023.

"Petugas KBRI bekerja sama dengan PPI Sudan dan Ikatan Mahasiswa Indonesia (IMI) menelusuri beberapa wilayah di Arkaweet dan Makmurat yang berjarak 500 meter dari zona konflik bersenjata," ujarnya lagi.

Judha mengatakan, sebelumnya KBRI mendistribusikan sembako kepada WNI, termasuk kepada 76 mahasiswa yang ditampung di Auditorium Kampus Internasional University of Africa.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler