Pemerintah Akan Menggelar Sidang Isbat Hari Ini, Penetapan Idul Fitri 2023 1 Syawal 1444

Kamis 20-04-2023,03:31 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) akan melaksanakan sidang isbat Idul Fitri 1 syawal 1444 H.

Dikutip dari kemenag.go.id, sidang isbat akan dilaksanakan secara tertutup pada hari ini, Kamis, 20 April 2023 atau bertepatan tanggal 29 Ramadhan.

Sidang isbat akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta.

Diikuti oleh berbagai pihak seperti Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan juga Tim Hisab Rukyat dari Kementerian Agama.

Baca juga: 10 Ide Hampers Lebaran 2023, Cocok Menjadi Hadiah Untuk Sanak Saudara

Sidang isbat penentuan 1 Syawal ini nantinya akan diawali dengan pemantauan hilal di sejumlah titik di Indonesia. Hasil rukyatul hilal ini akan menjadi pertimbangan dalam penentuan 1 Syawal atau Idul Fitri 1444 H.

Apabila hilal terlihat, maka Idul Fitri akan jatuh pada Jumat 21 April 2023. Namun, Ramadhan akan digenapkan menjadi 30 hari jika hilal tidak terlihat. Dengan demikian, Idul Fitri akan jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Seperti yang diketahui sebelumnya, penetapan awal Ramadhan tahun ini serempak antara pemerintah, NU dan Muhammdiyah, yang jatuh pada Kamis 23 Maret 2023.

Baca juga: Menjelang Lebaran, Pasar Tanah Abang Dipadati Pengunjung

Meskipun diawali di hari yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi mengatakan, adanya potensi perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

"Kemungkinan terjadi perbedaan adalah nanti di 1 Syawalnya," ujar Jaidi.

Jaidi berharap pemerintah dapat mencari solusi untuk mengatasi perbedaan tersebut. Ia juga meminta pada masyarakat agar perbedaan ini tak membuat perpecahan antara umat Islam.

"Kita sebagai warga bangsa tetap saling hormat, menghormati di antara satu dengan yang lain," jelasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler