Soal Peluang Prabowo dan Ganjar Pranowo, Pengamat: Semua Tergantung Jokowi

Senin 24-04-2023,00:14 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sebagai pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berpeluang memenangkan Pilpres 2024.

"Ganjar - Prabowo itu masih realistis, rasional, dan ada peluang menang. Memang, dua tokoh ini potensial cukup kuat memenangkan Pilpres 2024," kata Pangi Chaniago sebagaimana dilansir dari YouTube Fibrasi, Senin 24 April 2023.

Tak hanya itu ia mengatakan posisi Ganjar Pranowo sudah jelas, menurutnya dukungan Jokowi terhadap Prabowo, yakni upaya untuk mengajak Ketua Umum Partai Gerindra itu menjadi calon wakil presiden.

Baca juga: Ganjar Dipilih Menjadi Capres PDIP, Prabowo: Partai Saya Juga Mencalonkan

Dikatakan Chaniago upaya yang dilakukan Jokowi menggaet Prabowo sudah tampak dalam beberapa bulan terakhir.

"Diperkirakan tadinya Prabowo potensial menjadi capres, tetapi kalau melihat situasi sekarang, tidak mungkin Jokowi sebagai kader PDIP dan dia sudah menyatakan dukungan yang tegas soal Ganjar sebagai capres di pengumuman," tutur dia.

Lebih lanjut ia katakan tidak mungkin Jokowi mengubah posisinya dari mendukung Ganjar menjadi calon presiden berubah mendukung Ganjar menjadi calon wakil presiden. Hal itu menurutnya merupakan hal yang tidak mungkin.

Baca juga: Halal Bihalal, Prabowo Berkunjung ke Rumah Jokowi

Menurutnya, Jokowi tampak sebagai sosok perantara dalam menjembatani rencana koalisi partai. Dia berpendapat, tak menutup kemungkinan besarnya peluang duet Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

"Soal diterima atau tidak itu kan soal perkembangan dinamika politik ke depannya. Jadi kalau kita bicara soal apakah ada kans Prabowo jadi cawapres Ganjar, ada kansnya," pukasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler