Mengenal Sejarah Batik di Indonesia, Kerajinan yang Kini Telah Ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Dunia

Selasa 25-04-2023,02:45 WIB
Reporter : Tsaqila Khairani
Editor : Tsaqila Khairani

SIASAT.CO.ID - Sejarah batik di Indonesia mulai berkembang dari kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran islam di Pulau Jawa. Kemudian pengembangan batik kembali banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, dilanjut pada zaman Kasunan Surakarta serta Kesultnan Yogyakarta.

Diketahui bahwa kegiatan batik tertua di Indonesia ada di Ponorogo dan diberi nama Wengker.

Proses pembuatan batik dengan cara dilukis menggunakan cairan lilin malam memakai canting.

Baca juga: Viral, Seorang Pengendara Motor Dipukul hingga Kejang-kejang, Padahal Sudah Cium Tangan dan Minta Maaf

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang dibuat bedasarkan perpaduan seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia.

Warisan budaya yang ada di Indonesia salah satunya termasuk batik.

Bahkan sejak zaman dulu batik sudah ada dan orang dahulu banyak menggunakan batik sebagai pakaian sehari - hari. Namun seiring perkemabangan zaman sekarang batik sudah berubah menjadi pakaian formal.

Sampai saat ini batik masih terus dilestarikan dan dijaga agar tidak punah. Sebab, batik adalah salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang menjadi kebanggakan bangsa. Setiap wilayah di Indonsia memiliki ciri khas batiknya tersendiri.

Baca juga: Viral, Mobil Toyota Fortuner Berada di Tengah Rel Kereta Api, Diduga Hendak Bunuh Diri

Keindahan yang ada pada motif batik menghasilkan banyak peminat. Tidak heran turis mancanegara juga tertarik menggunakan batik untuk pakian mereka.

Pengertian Batik

Secara bahasa batik berasal dari kata mbat dan tik. mbat memiliki arti melempar berkali - kali sedangkan tik ialah titik.

Secara Istilah, batik berawal dari sebuah teknik menggambar yang dilakukan di atas kain dengan menggunakan bahan lilin serta alat canting.

Awal mula pembuatan batik dengan menggambar dan menerapkan motif terlebih dahulu pada suatu kain polos kemudian dilakukan proses khusus sehingga kain tersebut memiliki ciri khas dibandingkan kain lainnya.

Dilansir dari laman website Gramedia Blog, ada beberapa pengertian batik menurut para ahli;

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler