Hati-hati Bermedia Sosial, Tim Cyber Mabes Polri Riau Ungkap Pemerasan Melalui Media Sosial

Jumat 03-02-2023,06:01 WIB
Reporter : April Kerina
Editor : April Kerina

Siasat.co.id - Pelaku penipuan dan pemerasan dengan modus undangan pernikahan secara online telah berhasil ditangkap oleh Tim Cyber Mabes Polri Riau.

Dengan berita hebohnya mengenai penipuan secara online yang tidak disadari oleh para korbannya, yang terjadi di Sulawesi Selatan, maka Tim Mabes Cyber Polri Riau pun menghimbau supaya masyarakat berhati-hati menggunakan sosial media.

Karena berdasarkan kasus dari pelaku penipuan yang ternyata adalah seorang mahasiswa berusia 20 tahun ini, ternyata banyak korban yang isi saldo di rekeningnya terkuras.

Baca Juga: Video Penculikan Anak Terjadi di Indonesia? Cek Faktanya!

Padahal, mahasiswa ini hanya menyebarkan aplikasi penipuan tersebut di sosial media, sedangkan aplikasi yang digunakan dibelinya dari seseorang bernama AI.

"Jaringannya yang beli aplikasi tersebut. Sudah ada satu pelaku diamankan di Sumatera dan satu di Kabupaten Wajo. Saat ini kami sedang menangani perkaranya," ujar Kepala Sub Direktorat Cyber Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Sutomo pada hari Rabu, 1 Februari 2023.

Lebih lanjut, Kompol Sutomo juga membeberkan betapa banyaknya kerugian yang menimpa para korban dari penipuan tersebut.

Bahkan, kata Kompol Sutomo, ada juga beberapa korban penipuan secara daring itu yang melapor kalau dirinya telah kehilangan uang puluhan juta rupiah karena aksi penipuan tersebut.

"Korbannya yang melapor ada dua orang. Modus operandi dari kejahatan siber ini timbul karena adanya legal akses. Kami terus mengembangkan kasus ini dan membongkar jaringan-jaringannya," Ucap Kompol Sutomo.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler