Pelaku penipuan Lewat Surel Berhasil Menipu Warga Sulawesi Selatan, Ternyata Begini Modus Penipuannya

Jumat 03-02-2023,06:04 WIB
Reporter : April Kerina
Editor : April Kerina

Jakarta, Siasat.co.id - Kejadian penangkapan seorang mahasiswa berusia 20 tahun oleh Tim Cyber Mabes Polri Riau berhasil membuat geger para masyarakat Sulawesi Selatan.

Alasannya, pelaku yang berhasil ditangkap oleh tim Cyber Mabes Polri tersebut rupanya telah berhasil menipu banyak sekali masyarakat di daerah Sulawesi Selatan.

Penipu ternyata melakukan penipuan melalui sebuah aplikasi yang sebelumnya dibeli dari seorang bernama AI. Dan dari aplikasi tersebut, pelaku melakukan aksinya.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Sub Direktorat Cyber Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Sutomo, pelaku menyebarkan aplikasi penipuan tersebut melalui surel undangan pernikahan yang disebarkannya di media sosial.

Media sosial yang digunakan oleh pelaku adalah melalui WhatsApp, yang disebarkannya secara acak, supaya korban pun yang tidak curiga segera memencet aplikasi surel yang disebarkan oleh pelaku.

Korban pun merasa tidak curiga, karena pada saat itu pelaku seolah-olah sudah mengenal korbannya, sehingga korban tersebut pun terperdaya dan membuka dokumen yang disebarkan tersebut.

Lantas, ketika korban sudah membuka dokumen tersebut, maka aplikasi perbankan yang berada di handphone korban pun terbaca pada sistem aplikasi pelaku.

Sehingga pelaku pun akhirnya mengubah nomor pin dan menguasai. Selanjutnya, menguras isi tabungan korban dengan mentransfer ke rekening lain.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler