3 Cara Mencegah Stress Saat Bekerja, Salah Satunya dengan Berolah Raga

Kamis 27-04-2023,00:55 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Setiap orang yang bekerja pasti pernah merasakan stres. Stres di tempat kerja didasari oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan yang tidak ada habisnya, beban kerja, dan lingkungan kerja yang kurang nyaman.

Kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi stres kerja agar tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

Banyak dampak yang akan memengaruhi diri akibat stres dan kelelahan terkait pekerjaan.

Baca juga: Fenomena Flexing Kian Meraja Rela, Benarkah Berdampak Pada Kesehatan Mental? Ini Kata Psikologi

Namun hal ini dapat diminimalisir dengan cara mengelola tingkat stres di tempat kerja.

Dilansir dari Healthline, stres adalah respons alami manusia terhadap hal-hal yang menurut pikiran akan mengancam atau menantang, dan itu adalah hal yang lumrah rasakan dari waktu ke waktu.

Hubungan pribadi, tanggung jawab di tempat kerja dan di rumah, serta peristiwa kehidupan lainnya, menjadi alasan bagi seseorang merasakan stres.

Melansir NewHealth, berikut ini adalah 3 cara potensial yang dapat dilakukan oleh karyawan, untuk mencegah stres di tempat kerja:

Baca juga: Pola Asuh yang Keras dan Disiplin Tinggi, Risiko Terganggu Kesehatan Mental Anak

  1. Mindfulness

Penelitian menunjukkan bahwa terlibat dalam aktivitas penuh perhatian seperti meditasi dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

  1. Olahraga

Semua jenis olahraga bermanfaat untuk stres, tetapi saran penelitian bahwa latihan yang penuh perhatian seperti yoga dapat membantu mengurangi stres terkait pekerjaan secara signifikan.

  1. Terapi

Terapi dengan profesional kesehatan mental terlatih dapat membantu mempelajari berbagai strategi penanggulangan untuk mengelola tingkat stres dengan lebih baik di tempat kerja.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler