PWNU Jakarta Minta NU Jangan Ditarik-tarik ke Pilpres 2024, Sindir PBNU?

Kamis 27-04-2023,05:38 WIB
Reporter : Alfin Pulungan
Editor : Alfin Pulungan

SIASAT.CO.ID - Ketua Tandfidziyah PWNU DKI Jakarta, Samsul Ma'arif, mengkritik sikap Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang terang-terangan menyatakan warga NU mendukung Erick Thohir sebagai calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Samsul mengatakan PBNU harus berkomitmen pada sikapnya terdahulu yang berkomitmen tidak cawe-cawe terkait urusan dukungan capres dan cawapres.

"Mari kita jaga Marwah NU, jangan ditarik-tarik pada urusan dukung mendukung capres dan cawapres," kata Samsul dalam keterangannya yang diunggah akun Instagram @pwnujakarta, Kamis, 27 April 2023.

PBNU pernah mengkritisi sikap beberapa kiai NU yang mulai ramai menyatakan dukungan kepada beberapa sosok capres 2024.

Baca Juga: Sekjen PBNU: Warga NU Berharap Erick Thohir Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

PBNU mengingatkan para ulamanya agar bersikap netral dan tak ikut-ikutan urusan politik, apalagi sampai menyatakan dukungan pada salah satu capres maupun cawapres.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU, Imron Rosyadi, mengatakan pihaknya akan mengambil jarak yang sama terhadap semua kekuatan partai politik.

"Sebagai jam'iyyah diniyah ijtima'iyyah, PBNU tidak dalam posisi dukung-mendukung capres/cawapres," katanya kepada wartawan, Senin, 27 Februari 2023 lalu.

Imron menjelaskan, posisi NU tak sedang menjauhi atau mendekati partai politik tertentu, melainkan hanya menjaga prinsip equi distance atau menjaga jarak yang sama dengan semua partai. Ia berharap prinsip PBNU ini dapat diikuti oleh para kiai NU.

Baca Juga: Polemik PBNU dan PWNU Jawa Timur Soal Satu Abad NU

Namun, di tahun yang sama, seruan PBNU itu justru dianulir oleh pejabat utamanya sendiri. Sekjen PBNU, Gus Ipul, baru-baru ini menggadang-gadang Erick Thohir sebagai calon wakil presiden atau cawapres bagi Ganjar Pranowo.

Gus Ipul mengaku mendapat banyak masukan dari masyarakat NU terkait dukungan untuk Erick Thohir.

"Banyak warga NU memang menginginkan Erick Thohir (menjadi cawapres Ganjar). Itu bisa dilihat dari hasil survei yang kita baca," ujar Gus Ipul dalam keterangan tertulis, Rabu, 26 April 2023.

Alasan warga NU menginginkan hal tersebut karena Erick Thohir sebagai Steering Committe 1 Abad NU dinilai berhasil merangkai acara tersebut dengan meriah.

Baca Juga: Sekjen PBNU Diduga Menerima Uang Korupsi BKKBI Tulungagung

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler