Yuk Simak Ini Loh Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

Sabtu 29-04-2023,01:21 WIB
Reporter : Tsaqila Khairani
Editor : Tsaqila Khairani

SIASAT.CO.ID - Wiraswasta dan Wirausaha merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda. Banyak yang masih menyamakan keduanya karena berawalan ‘wira’, namun kata wira sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang diserap dari Bahasa Sansekerta artinya gagah, berani, dan teladan.

Secara etimologis wirausaha berasal dari duka kata yaitu Wira dan Usaha. Kata usaha adalah kegiatan bekerja atau melakukan sesuatu.

Maka wirausaha adalah seseorang yang berusaha menciptakan peluang kerja bisnis dengan berusaha menanggung resiko dan menikmati sebagian besar keuntungannya.

Baca juga: Viral, Pengemis Dapat Uang Banyak Sampai Satu Ember, Netizen: Mending Gue Beliin Jajan Ketimbang Nyumbang

Bagi seorang wirausaha akan lebih banyak mengelola usaha mereka sendiri.

Mengutip buku Business Ethics and Entrepreneship (Etika Bisnis dan Kewirausahaan) (2019) menurut Saban Echdar dan Maryadi; wirausaha merupakan orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usaha, bertujuan untuk meningkatkan kehidupannya.

Sementara wiraswasta adalah orang yang berani bersikap, berani berpikir dan berani melakukan apa yang dapat dilakukannya sehingga mampu secara mandiri menciptakan lapangan kerja atau usaha.

Baca juga: Viral Oknum TNI Tendang Sepeda Motor Ibu-ibu, Netizen: Tangkap Jangan Kasih Ampun

Selain itu, wirausaha juga memiliki motivasi untuk menciptakan sesuatu yang berbeda.

Merujuk dari buku Kewirausahaan (2020) karya Muhammad Dinar dan kawan-kawan, arti wiraswasta adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok, guna memberi nilai tambah bagi suatu produk dan memberi kepuasan lebih untuk pelanggan.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler