AHY Menyebut Ayahnya (SBY) Sudah Dalam Posisi Mandito Ratu

Sabtu 29-04-2023,16:43 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID -- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), saat ini sudah dalam posisi Mandito Ratu.

Istilah tersebut bisa diartikan bahwa setiap pemimpin atau penguasa yang sudah mengakhiri masa kekuasaannya, lebih banyak beribadah mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Pernyataan ini AHY sampaikan dalam jumpa pers usai menerima kunjungan sejumlah elite Partai Golkar yang dipimpin langsung Ketua Umum Airlangga Hartarto, di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 29 April 2023.

AHY menyebut dengan posisi ayahnya saat ini, tugas politik sehari-hari ia lakukan dengan generasi yang lebih muda. Sedangkan, aktivitas SBY saat ini lebih banyak untuk melukis.

"Tadi diskusinya baik, walaupun Pak SBY sudah mandito ratu, untuk day to day politiknya sudah saya jalankan dengan generasi yang lebih muda. Karena, beliau saat ini sudah menikmat aktivitas sebagai pelukis," ucap AHY dalam jumpa pers.

Baca Juga: Kubu Moeldoko CS Tantang Kubu AHY, Demokrat: Abal-abal Tak Perlu Ditanggapi

Dalam pertemuan tertutup dengan Golkar, AHY mengatakan SBY lebih banyak berbicara pada gagasan yang lebih besar, terutama agar Indonesia semakin maju.

"Sehingga tadi beliau berbicara lebih pada gagasan besar karena beliau terus terpanggil dan ingin terus menghadirkan pemikiran dan solusi terbaik baut negeri kita," ungkapnya.

Sebelum ini, Istilah 'lengser keprabon madep pandito ratu' juga pernah disampaikan Presiden Soeharto di hari ulang tahun Golkar Oktober 1997, atau setahun sebelum ia mundur dari kursi presiden.

"Saya akan menempatkan diri sebagaimana dalam falsafah pewayangan, yaitu lengser keprabon madeg pandito," kata Soeharto kala itu.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler