Begini Strategi Amien Rais Menangkan Anies di Pilpres 2024

Minggu 30-04-2023,12:20 WIB
Reporter : Maya Novalia
Editor : Maya Novalia

SIASAT.CO.ID - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, menyampaikan sejumlah pesan strategi kepada Anies Baswedan terkait upayanya memenangkan pertarungan pada Pilpres 2024 mendatang.

Seperti diketahui, Partai Ummat resmi menambah daftar dukungan kepada Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Hal tersebut telah diumumkan beberapa waktu lalu.

Menurut Amien, mantan Gubernur DKI Jakarta itu perlu memperhatikan lebih jauh lagi mengenai sumber-sumber suara yang akan mendukungnya bertarung pada kontestasi politik periode mendatang. Hal ini terkait dengan daerah-daerah yang menjadi lumbung utama dukungan kepadanya.

"Kalau saya, Pak Anies harus melihat lumbung suara itu. Lumbung suara Pak Anies itu kira-kira memang di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera, Jawa Tengah ya so so, Jawa Timur ini mungkin juga dapat tapi tidak prioritas," ungkap Amien kepada wartawan jelang rapat kerja wilayah (rakerwil) di Sleman, DIY, Sabtu, 29 April 2023.

Baca Juga: Potensi Pasangan Mahfud MD dan Ganjar Pranowo

Selain itu, Anies juga perlu mempertimbangkan soal daerah calon wakilnya. Amien mengatakan, bacapres dari Koalisi Perubahan ini bisa melihat figur-figur bangsa dari wilayah Indonesia Timur.

Strategi tersebut bertujuan mendongkrak perhitungan nasional sekaligus meniru yang dilakukan oleh mantan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pasalnya, saat itu SBY meminta Jusuf Kalla sebagai wakilnya. Amien menilai, pilihan itu sekaligus untuk mengangkat lagi keterlibatan Indonesia timur yang selama ini dinilai kerap terlupakan.

"Kemudian karena itu wakilnya menurut perhitungan nasional, tokoh yang datang dari Indonesia timur. Ini menirukan apa yang terjadi pada zaman Pak SBY. Pak SBY itu ketika meminta pak JK sebagai wapres itu perhitungannya supaya Indonesia Timur itu terwakili karena selama ini rakyat Indonesia di bagian timur itu kadang-kadang terlupakan," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Pinta Kedepankan Adu Gagasan Jelang Pemilu 2024, Ketum Partai Ummat Justru Kedepankan Politik Identitas

Menurut Amien, pemerintah selama ini sering kali hanya berfokus pada wilayah Indonesia bagian barat, khususnya di Jawa, termasuk dengan pembangunan-pembangunan yang dilakukan ketimbang di Indonesia timur.

"Kita selalu melebihkan yang di Jawa, Sumatera, mungkin Kalimantan, barat pokoknya. Bahkan kemudian pembangunan-pembangunan pun kemudian lebih banyak di barat daripada di timur. Nah mungkin ini salah satu pertimbangannya," paparnya.

Amien melanjutkan, Anies juga bisa mencari sosok mumpuni yang erat kaitannya dengan emansipasi perempuan.

"Atau kedua mungkin kalau dipandang ada tokoh gender [perempuan] yang relatif mumpuni itu juga sebuah good choice," pungkasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler