Pesawat Tempur AS dan Rusia Nyaris Bentrok di Suriah

Senin 01-05-2023,11:40 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Juru bicara Komando Pusat AS Kolonel Joe Buccino mengatakan, pesawat Amerika Serikat (AS) dan Rusia nyaris bentrok di atas Suriah setelah pilot Negeri Beruang Merah tersebut mencoba untuk memulai pertempuran di udara (dogfight).

Joe mengatakan hal itu terjadi karana ada upaya provokasi dari pihak Rusia, yang dianggapnya sebagai sikap tidak profesional.

Meskipun demikian, seorang pejabat AS mengatakan pilot Rusia tampaknya tidak mencoba menembak jatuh jet AS. Namun, mereka mungkin mencoba untuk "memprovokasi" AS dan "menarik kita ke dalam insiden internasional," tuturnya kepada CNN International, dikutip Senin, 1 Mei 2023.

Dalam penerbangan militer, istilah dogfight merupakan pertempuran udara, seringkali dalam jarak yang relatif dekat.

Sebuah video yang dirilis oleh Komando Pusat AS mulai 2 April menunjukkan jet tempur SU-35 Rusia melakukan pencegatan yang "tidak aman dan tidak profesional" terhadap jet tempur F-16 AS.

Baca Juga: Inilah B-52H Stratofortress, Pesawat Pembom AS yang Terbang ke Dekat Wilayah Rusia

Video kedua dari 18 April menunjukkan pesawat tempur Rusia yang melanggar wilayah udara koalisi dan berada dalam jarak 2.000 kaki dari pesawat AS, jarak yang dapat ditempuh jet tempur dalam hitungan detik.

Selama beberapa tahun terakhir, AS telah menggunakan garis dekonflik antara kedua militer di Suriah untuk menghindari kesalahan atau pertemuan yang tidak disengaja yang secara tidak sengaja dapat menyebabkan eskalasi.

Pejabat AS telah menghubungi Rusia atas insiden baru-baru ini, dan Rusia telah menanggapi. Namun, mereka "tidak pernah dengan mengakui insiden tersebut."

Kata pejabat itu, sejak awal Maret, jet Rusia telah melanggar protokol dekonflik sebanyak 85 kali, termasuk terbang terlalu dekat dengan pangkalan koalisi, gagal menjangkau garis dekonflik, dan banyak lagi.

Baca Juga: Kecolongan, Serangan Drone Menewaskan 1 Kontraktor dan Melukai 5 Tentara Amerika Serikat

Hal itu juga termasuk 26 kejadian di mana jet bersenjata Rusia terbang di atas AS dan posisi koalisi di Suriah.

"Tampaknya konsisten dengan cara baru beroperasi," kata pejabat itu. Pilot AS telah menolak untuk terlibat dalam pertempuran udara dan mematuhi protokol tindakan dekonflik, tambah pejabat itu.

Pada Maret lalu, jet tempur SU-27 Rusia bertabrakan dengan pesawat tak berawak MQ-9 Reaper AS di wilayah udara internasional di atas Laut Hitam.

Tabrakan itu merusak propeler drone, memaksanya jatuh ke dalam air dalam sebuah insiden yang digambarkan AS sebagai "tidak aman, tidak profesional" dan bahkan "ceroboh".

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler