Iran Tegaskan Perkuat Hubungan dengan Negara Teluk, Kunci Keamanan Kawasan

Selasa 02-05-2023,14:59 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Syahrul Ramadhan

SIASAT.CO.ID - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, menegaskan negaranya menganggap penguatan hubungan bertetangga dengan negara-negara Teluk sebagai faktor terpenting dalam mencapai keamanan bersama.

Dikutip dari IslamTimes, dalam konferensi persnya Kanaani di Hari Teluk Nasional, mengatakan bahwa Teluk adalah bagian dari identitas sejarah dan budaya bersama di wilayah tersebut.

“Iran menganggap penguatan hubungan bertetangga dengan negara-negara Teluk sebagai faktor terpenting dalam mencapai keamanan bersama. Kebijakan berprinsip Iran adalah bertetangga dan membangun keamanan kolektif dengan partisipasi semua negara di kawasan, terutama dengan negara-negara di kawasan Teluk Persia,” kata Kanaani, dikutip Selasa, 2 Mei 2023.

Baca Juga: Resmi Membaik! Iran Buka Kembali 3 Kantor Diplomatik di Arab Saudi

Menjawab pertanyaan tentang hubungan Iran dengan Eropa, Kanaani berkata, “Iran tidak pernah membatasi hubungannya dengan wilayah geografis tertentu di bidang hubungan luar negeri.

Kanaani mengatakan Pemerintahan Iran saat ini selalu menekankan keseimbangan hubungan luar negeri dan menaruh perhatian pada tetangga dan Asia sebagai prioritas pentingnya.

“Fokus pada Asia, tetangga, dan Timur bukan berarti mengabaikan kapasitas yang ada di wilayah geografis lain. Kami mencoba mengatur hubungan dengan Eropa berdasarkan rasa saling menghormati dan kepentingan, tetapi pihak Eropa fokus pada isu-isu tertentu dan isu-isu tersebut bertindak sebagai pencegah karena pendekatan khusus mereka,” katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler