4 Kegunaan Virtual Account dalam Transaksi

Jumat 05-05-2023,03:00 WIB
Reporter : Tsaqila Khairani
Editor : Tsaqila Khairani

SIASAT.CO.ID - Pasti anda sudah tidak asing lagi mengenai Virtual Account. Di era seperti sekarang teknologi yang semakin canggih, mendorong segala sesuatu dilakukan dengan mudah. Salah satu dampaknya kemajuan digital yang pesat dan transaksi keuangan menjadi lebih mudah.

Bagaimana cara kerja Virtual Account? Berikut penjelasannya.

Virtual Account adalah rekening virtual atau rekening bank, yang umumnya merupakan kombinasi unik dari angka-angka yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pembayaran. Saat ini cukup banyak bank yang memiliki virtual account untuk memudahkan identifikasi pembayaran.

Baca juga: Viral, Mamat Alkatiri Unggah Video Abdur Arsyad Ditangkap Polisi, Benarkah?

Jika Anda menggunakan Virtual Account akan memudahkan Anda sebagai penerima dana untuk mengidentifikasi siapa yang melakukan pembayaran/transfer ke rekening Anda untuk tujuan tertentu. Dibandingkan dengan rekening biasa.

Adapun cara kerja virtual account itu relatif berbeda-beda pada setiap provider dan dimana virtual account tersebut dipasang. Namun berikut secara umum, alur kerja virtual account mulai dari pembayaran awal hingga konfirmasi:

Baca juga: Inilah Lirik Lagu Glimpse of Us – Joji yang sedang Viral Beserta Terjemahannya

Pertama, akun virtual account yang dipasang di aplikasi akan diberikan kode pembayaran unik

Kedua, Pengguna membuka aplikasi mobile banking dan mencari opsi pembayaran yang menerima akun virtual (biasanya fungsi non-transfer)

Ketiga, Copy kode pembayaran dan masuk ke proses pembayaran melalui virtual account

Keempat, Pembayaran akan diproses dan dikonfirmasi dalam beberapa menit

Dengan paparan diatas mengenai 4 kegunaan virtual account semoga bisa membantu Anda, Kemudian pilih bank yang sesuai berdasarkan referensi Anda dan bank yang berpengalaman di bidang perbankan.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler