Heboh! Kader Demokrat Ramai-ramai Pindah Partai ke NasDem

Jumat 05-05-2023,04:31 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Heboh! Kader Partai Demokrat disebagian daerah ramai-ramai pindah ke Partai NasDem menjelang Pemilu 2024. DPP Partai NasDem tengah menelusuri motif para kader Partai Demokrat itu berpindah partai ke NasDem.

"Kami di DPP sedang mendalami hal ini. Kami benar-benar ingin mengetahui apa sebenarnya motif di balik ini," kata Bendum DPP Partai NasDem, Ahmad Sahroni, saat dihubungi, Kamis, 4 Mei 2023.

Sahroni berharap, dengan adanya kejadian tersebut tidak mengganggu hubungan baik diantara kedua partai. Dia juga mengingatkan bahwa NasDem dan Demokrat sedang sama-sama berusaha untuk memenangkan Anies Baswedan di 2024.

"Apabila memang benar terjadi kepindahan, bagaimana cara hal ini tidak menjadi preseden buruk antar dua partai yang sekarang sedang intim dan sudah berkomitmen maju bersama mendukung capres Anies Baswedan," ucapnya.

Baca Juga: Demokrat Kritik Jokowi, Usai Kumpulkan Ketum Parpol di Istana Negara

Wakil Ketua Komisi III DPR ini menduga motif kepindahan para kader Demokrat ini karena persoalan Pileg 2024. Dia menyebut beberapa kader NasDem juga ada yang berpindah partai.

"Kalau perpindahan sebenarnya hal biasa, tapi ini sesuatu fenomena dalam rangka nyaleg, demikian juga NasDem ada juga yang pindah," ujar dia.

"Sebenarnya hal biasa saja, biasanya secara alami aja kalau pindah-pindah begini dan mereka atas kemauan dari pribadi masing-masing," lanjutnya.

Telah diketahui, Kader Partai Demokrat di Jawa Barat ramai-ramai pindah ke Partai NasDem menjelang Pemilu 2024. Setelah ditinggalkan ratusan kader di Purwakarta, sejumlah petinggi Partai Demokrat Jabar juga dipastikan berlabuh ke Partai NasDem.

Baca Juga: Jokowi Tak Undang NasDem dalam Pertemuan 6 Ketum Parpol di Istana, Ada Apa?

Ketua DPW Partai NasDem Jabar Saan Mustofa membenarkan sejumlah petinggi Demokrat Jawa Barat sudah pindah ke partainya. Salah satunya yaitu Asep Wahyuwijaya yang berencana maju sebagai caleg DPR RI dari NasDem.

"Yang udah pasti di Kabupaten Bogor, itu ada namanya Asep Wahyuwijaya. Dia udah fiks terdaftar di NasDem untuk daftar menjadi caleg DPR Ri di dapil Jabar V," kata Saan dilansir detikJabar, Kamis, 4 Mei 2023.

Kemudian, ada nama Dodi Setiawan, anggota DPRD Kota Bogor Fraksi Demokrat yang dipastikan sudah berlabuh ke NasDem. Saan menyebut, Dodi pada 2024 mendatang akan mencalonkan diri sebagai bacaleg DPRD Jabar dari dapil Kota Bogor.

"Ada Andi Rizal, dia nyaleg di Kabupaten Subang. Terus ada Iwan Setiawan, incumbent yang mau nyalon lagi di DPRD KBB," ungkapnya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler