Cara Tingkatkan Hubungan Orang Tua dan Anak

Selasa 09-05-2023,04:48 WIB
Reporter : Fitria Fera Diana
Editor : Fitria Fera Diana

Baca Juga: Dampak Negatif Terlalu Overprotektif pada Anak

Menemani anak bermain atau bergabung dengan anak terhadap sesuatu yang ingin mereka lakukan seperti bermain puzzle, boneka, atau mewarnai.

Saat sedang berinteraksi dengan anak jangan lupa untuk menggunakan metode PRIDE:

  • Praise (P): Berikan pujian sebanyak mungkin saat anak berhasil menyelesaikan sesuatu. Misalnya, kamu pintar sekali bermain puzzle atau wah kamu hebat dalam mewarnai.
  • Reflect (R): Renungkan apa yang sedang anak lakukan. Misalnya, saya ingin tahu apakah kamu sedang membangun kastil atau rumah, saya rasa saya harus terus menonton untuk mengetahui itu.
  • Imitate (I): lakukan peniruan dari apa yang dilakukan anak. Misalnya, saya ingin menggambar mobil seperti yang kamu gambar karena itu sangat keren.
  • Describe (D): cukup jelaskan apa yang dilakukan anak. Anggap diri anda adalah seorang komentator gambar. Misalnya, kamu sedang mewarnai bunga itu?
  • Enthusiasm (E): tunjukan antusias anda pada kegiatan yang sedang dialakukan anak.

Meskipun bukan satu-satunya faktor yang dapat meningkatkan perilaku anak, membangun ekuitas pengasuhan yang baik merupakan fondasi pertama yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak agar terjadi keselarasan antara apa yang diinginkan orang tua dan apa yang di dapat oleh anak.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler