Iran dan Oman Capai Kesepakatan Awal untuk Tanda Tangani PTA

Rabu 10-05-2023,14:12 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Syahrul Ramadhan

SIASAT.CO.ID - Para menteri tinggi Iran dan Oman telah mencapai kesepakatan awal untuk menandatangani perjanjian preferential trade agreement (PTA) antara kedua negara.

Dikutip dari Parstoday, Menteri Keuangan Iran Ehsan Khandouzi mengatakan pada hari Senin, 8 Mei 2023 bahwa dia telah menyetujui proposal dari Oman untuk menandatangani PTA antara kedua negara.

"Kami sepenuhnya setuju dengan proposal ini dan akan mendukung perjanjian ini di Kabinet," kata Khandouzi.

Dia menambahkan, bagaimanapun bahwa Iran dan Oman berencana untuk melampaui PTA dalam hubungan perdagangan dan ekonomi mereka yang berkembang dengan terlibat dalam skema investasi bersama.

Baca Juga: Menteri Energi Iran : Iran Siap Bantu Suriah Rekonstruksi Industri Air dan Listrik

Menteri Khandouzi membuat pernyataan setelah pertemuan di Teheran dengan Menteri Perdagangan, Industri, dan Promosi Investasi Oman Qais bin Mohammad Al Yousef.

Qais memimpin delegasi perdagangan dan bisnis beranggotakan 200 orang ke Iran EXPO 2023, sebuah acara yang diadakan dari 7 hingga 10 Mei 2023 di Teheran untuk meningkatkan kapasitas ekspor Iran.

Menteri Oman mengatakan dalam pertemuan dengan Khandouzi bahwa negaranya sangat bertekad untuk memperluas hubungan perdagangan dengan Iran.

Ia menambahkan bahwa dia terkejut melihat sejauh mana kemajuan industri di Iran selama kunjungan ke acara Iran EXPO 2023.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler