Waw! Ada Beberapa Nama Beken yang Bakal Maju Sebagai Caleg PDIP

Kamis 11-05-2023,07:19 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID -- Baru-baru ini Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto membeberkan sejumlah nama dari kalangan selebritas dan dunia hiburan yang bakal maju sebagai calon anggota legislatif partainya di Pileg 2024.

Hasto mencatat ada 580 nama dalam pendaftaran caleg PDIP untuk 2024 yang sudah menyerahkan ke kantor KPU. Dari jumlah itu, sebagian juga berasal dari kalangan budayawan, seniman, dan artis.

"Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman, dan artis yang memang terbukti memiliki kompetensi sangat kuat," kata Hasto dalam jumpa pers usai pendaftaran, Kamis, 11 Mei 2023.

Hasto berujar bahwa mereka para selebritas telah melewati pendidikan kaderisasi partai secara berjenjang, jadi tidak sembarangan. Dia menyebut beberapa di antaranya merupakan petahana yang aktif sebagai anggota dewan saat ini.

Baca Juga: PDIP: Jokowi Tetap Buka Ruang Dialog dengan Surya Paloh

Mereka diantaranya, Krisdayanti, Rieke Diah Pitaloka, hingga Rano Karno. Sementara, nama-nama baru dari kalangan selebritas ialah Once Mekel, pelawak Denny Cagur, budayawan Taufik Hidayat Udjo, Marcel Siahaan, Tamara Geraldine, hingga Sari Kuswoyo.

"Dan caleg yang sebagian besar kader telah berproses melalui pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang," kata Hasto.

Hasto menerangkan dari total 580 caleg partainya, sebanyak 380 caleg perempuan atau 33 persen. Ada pula dari kalangan akademisi 73 orang, dari TNI Polri Purnawirawan ada 17 orang.

"Mengingat partai juga melalukan kaderisasi secara sistemik, dari kalangan muda di bawah usia 45 tshun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen," katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler