Masuk NU, Proses Baiat Ustaz Hanan Attaki Ramai Disorot: Kayak Mualaf

Minggu 14-05-2023,11:26 WIB
Reporter : Maya Novalia
Editor : Maya Novalia

SIASAT.CO.ID - Momen penceramah muda Ustaz Hanan Attaki masuk menjadi anggota NU disebut seperti mualaf lantaran proses baiat yang dinilai janggal.

Ustaz Hanan Attaki sebelumnya diketahui resmi masuk ke NU pada acara Halal Bihalal 1444 H Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, Jawa Timur. Momen itu berlangsung pada Kamis, 11 Mei 2023.

Pada proses pembaiatan, Ustaz Hanan Attaki dibimbing langsung oleh Ketua Umum Pengurus Wilayah NU Jatim, KH Marzuki Mustamar di hadapan para kiai dan jemaah.

Namun, ada yang menarik perhatian dari salah satu prosesnya, di mana Ustaz Hanan Attaki diminta untuk mengucapkan dua kalimat syahadat lebih dulu sebelum mengucapkan ikrar.

Baca Juga: Gelojoh Jokowi atas Kuasa

Ustaz Hanan yang saat itu mengenakan baju putih dan peci hitam pun mengikuti panduan dari KH Marzuki Mustamar, yang mengawali baiat dengan bacaan basmalah.

“Asyhadu a la-ilaha – illallah. Wa asyhadu anna muhammadar rosulullah," ucap Ustaz Hanan Attaki dalam video yang dibagikan oleh akun @unikinfo_id, dikutip Minggu, 14 Mei 2023.

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar saat baiat NU Ustadz Hanan Attaki di Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, Kamis (11/05/2023). (Foto: NU Online).

Setelahnya, Ustaz Hanan membaca beberapa poin, termasuk siap mengikuti ajaran dari kalangan Ahlussunnah wal Jamaah dan menerima sistem bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Video proses pembaiatan Ustaz Hanan Attaki masuk ke NU sontak menuai beragam komentar dari publik, terutama soal perintah membaca dua kalimat syahadat.

Baca Juga: Pemuda Syiah Sampang: Menumpang di Sidoarjo, Melanglang di Jember

“Baiat NU koq lucu yaaa, sampe syahadat ulang loh,” komentar netizen.

"Islam itu bukan organisasi, jadi selama lo Islam, mengesakan Allah, melakukan kewajiban sebagai muslim, mengikuti ajaran dan sunnah Nabi dan tidak menambah2kan ajaran Nabi dan memodifikasi, maka tidak perlu membaiat diri ke dalam golongan2 apapun," tulis yang lain.

“Kesannya kaya mualaf," sahut netizen lain.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler