Cara Atasi Depresi saat Sedang Bekerja

Senin 15-05-2023,11:38 WIB
Reporter : Fitria Fera Diana
Editor : Fitria Fera Diana

Hal ini membuat Anda lebih cenderung menunda pekerjaan hanya karena takut melakukan kesalahan sehingga akan berakhir membuat Anda tidak produktif.

Lalu bagaimana cara mengatasai depresi selama bekerja atau berada di tempat kerja?

Saat Anda merasa bahwa depresi yang dirasakan sudah mulai memengaruhi pekerjaan Anda, maka Anda dapat melakukan 3 hal berikut ini agar dapat membantu Anda mendapatkan sedikit motivasi.

  • Kenali gejala yang Anda alami

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengidentifikasi di mana letak masalah terjadi. Apakah Anda merasa sulit untuk fokus, atau tidak mampu memenuhi tenggat waktu yang diberikan.

Setelah mengetahui permasalahannya selanjutnya Anda dapat membuat rencana kecil yang dapat membantu Anda melewati hari dengan baik.

Tugas kerja merupakan sarana untuk mencapai tujuan. Maka pastikan Anda telah menetapkan tujuan yang realistis terlebih dahulu untuk diri sendiri sehingga Anda tidak berakhir membuat diri Anda merasa lebih buruk.

Baca Juga: Apa Itu Strict Parents? Lantas Bagaimana Dampaknya Terhadap Anak, Simak Penjelasannya

  • Identifikasi hal-hal kecil yang membuat Anda bahagia

Karena depresi menghabiskan banyak energi maka sangat penting untuk mengidentifikasi hal-hal kecil yang dapat membuat Anda bahagia.

Misalnya berjalan-jalan sebentar dan menghirup udara segar dari atas rooftop, atau kegiatan apapun yang dapat membuat Anda bahagia.

Meskipun dampaknya tidak lebih besar dari depresi yang sedang dialami, namun setidaknya dapat membantu mengurangi sedikit beban yang dirasakan.

  • Istrirahat

Jika Anda tetap memaksakan diri untuk duduk di depan komputer, atau melayani pelanggan selama berjam-jam adalah cara untuk memperburuk kodisi depresi yang Anda alami.

Setiap Anda merasa kelelahan itu sebeneranya cara otak mengatakan bahwa sudah waktunya bagi Anda istirahat.

Selain beberapa cara di atas, berkonsultasi dengan profesional juga dapat membantu menangani depresi yang sedang dihadapi.

Perawatan yang paling umum diberikan adalah psikoterapi, obat-obatan seperti antidepresan, serta rutinitas perawatan diri.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler