5 Gejala Negatif Skizofrenia yang Perlu Diketahui

Senin 15-05-2023,18:06 WIB
Reporter : Fitria Fera Diana
Editor : Fitria Fera Diana

SIASAT.CO.ID - Skizofrenia dikenal sebagai penyakit mental yang mengubah emosi, tingkah laku, dan komunikasi seseorang. Dengan berbagai gejala negatif, orang yang menderita skizofrenia akan mengalami kekacauan berpikir, perubahan perilaku, halusinasi, dan delusi.

Skizofrenia memiliki tiga jenis gejala yaitu, negatif, positif, dan kognitif. Gejala negatif yang muncul akibat menderita skizofrenia di antaranya adalah kehilangan kesenangan pada banyak hal dan hilangnya motivasi diri.

Tidak memiliki kesenangan sering disebut sebagai anhedonia dan merupakan ciri paling umum yang akan dirasakan oleh penderita skizofrenia.

Sedangkan jenis gejala positif adalah meningkatnya pikiran, perasaan dan perilaku sehari-hari misalnya gejala positif yang terjadi adalah halusinasi, maka perasaan yang dialami seolah nyata padahal yang sebenarnya terjadi adalah ulah dari pikiran penderitanya sendiri.

Baca Juga: Suka Memalsukan Sikap Positif Bahaya Bagi Kesehatan Mental

Lalu gejala kognitif yang memengaruhi fungsi mental, seperti perhatian, konsentrasi dan ingatan.

Masing-masing gejala memiliki jenis pengobatan yang berbeda, meskipun banyak macam perawatan yang bisa dilakukan dan beraneka ragam alat yang tersedia, tetapi tidak semua penderita skizofrenia cocok dengan metode pengobatan yang diberikan oleh penderita skizofrenia lain.

Gejala negatif

Saat mengalami gejala negatif penderita skizofrenia mungkin sulit untuk mengatur emosi atau bersosialisasi dengan orang lain. Gejala ini dapat memberikan tantangan yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya penderita skizofrenia sulit membuat sebuah keputusan meskipun dalam keputusan-keputusan ringan seperti bangun dari tempat tidur, makan pagi, atau sulit untuk mandi.

Terdapat dua karakteristik dari gejala negatif yaitu primer dan sekunder. Gejala primer adalah gejala yang berhubungan langsung dengan gangguan skizofrenia.

Sedangkan gejala sekunder berhubungan dengan faktor lain, salah satunya adalah efek samping obat-obatan serta kondisi kesehatan mental lain yang terjadi secara bersamaan dengan skizofrenia yang diderita.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Anak, Save The Children: Pemerintah Harus Prioritaskan Kesehatan Mental Orang Tua Demi Keselamatan Anak

Berikut 5 gejala negatif skizofrenia:

Avaluation

Kurangnya motivasi yang sangat parah dapat membuat penderitanya merasa lemah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Anhedonia

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukan bahwa mayoritas penderita skizofrenia mengalami anhedonia, yaitu ketidakmampuan merasakan kesenangan.

Asociality

Saat mengalami asociality penderita skizofrenia cenderung mengalami penurunan drastis untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler