Presiden Jokowi Akui Kenaikan Harga Beras di Seluruh Provinsi

Sabtu 04-02-2023,03:16 WIB
Reporter : Abdul Majid
Editor : Abdul Majid

JAKARTA, SIASAT.CO.ID – Presiden Jokowi mengatakan bahwa kenaikan harga beras terjadi diseluruh provinsi Indonesia.

Saat ini pemerintah berupaya melakukan operasi pasar, guna menekan harga beras yang melambung tinggi di pasar.

Pemerintah memerintahkan Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar, tetapi hal tersebut baru membuat harga bahan pokok ini turun sedikit.

Baca Juga: Badan Pangan: Kenaikan Harga Beras Diluar Batas Kewajaran

“Memang naik di semua provinsi. Ini yang sedang kita lakukan operasi pasar oleh Bulog di seluruh provinsi terus dilakukan awal Januari. Tapi baru turunnya sedikit minggu-minggu. Ini terus kita lakukan operasi pasar,” ujarnya saat mengecek harga pangan pokok di Pasar Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis 2 Februari 2023.

Presiden Jokowi tak hanya meninjau harga beras, beliau pun melihat harga sembako, seperti Minyak goreng, menurutnya semua itu masih bisa terkendali.

“Tadi saya ngecek harga minyak masih baik Rp15 ribu. Ada kenaikan sedikit, saya kira biasa naik turun Rp15 ribu. Kemudian, harga lainnya saya lihat stabil,” kata Jokowi.

Baca Juga: Harga Beras Alami Kenaikan 15,48 Persen Dari Tahun Sebelumnya

Sebelumnya, Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas mengatakan beras cadangan pemerintah (CBP) siap dilempar demi menekan kenaikan harga beras yang kini terjadi di berbagai daerah.

“Sudah siap kami edarkan 315 ribu ton itu akan segera kita turun untuk operasi pasar,” katanya saat dipanggil Jokowi ke Istana Negara Jakarta membahas permasalahan beras, Selasa 31 Januari 2023.

Bulog akan menjual beras premium ini seharga Rp8.300 per kg. Agar beras tidak ditimbun, Bulog bekerja sama dengan Satgas Pangan dan Food Station untuk melakukan pengawasan.

“Semuanya akan kami habiskan untuk operasi pasar Januari, Februari, sampai nanti Maret,” tandasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler