Marak Aksi Penculikan Anak, Simak Tips Menghindarinya di Sini

Sabtu 04-02-2023,03:44 WIB
Reporter : Abdul Majid
Editor : Abdul Majid

JAKARTA, SIASAT.CO.ID – Akhir-akhir ini sangat ramai aksi pencurian anak yang meresahkan banyak orang, terutama orang tua.

Para oknum penculikan anak menggunakan metode seperti, iming-imingan uang, mainan, Handphone, serta akses internet gratis.

Dengan begitu, penting bagi para orang tua untuk menyadari masalah ini dan mulai melakukan berbagai cara pencegahan untuk menurunkan risiko penculikan anak.

Baca Juga: CPNS 2023 Dibuka Kapan? Ini Jadwalnya Dan Syarat Yang Diperlukan

Dalam hal ini, cara mencegah penculikan anak perlu dilakukan dengan memberikan edukasi pada anak tentang risiko dan bahaya penculikan.

Berikut beberapa tips mencegah penculikan anak yang bisa Anda lakukan:

• Edukasi: Edukasi anak dan orang tua tentang bagaimana menghindari penculikan dan bagaimana memberikan respon jika mereka atau teman mereka menjadi target.

Baca Juga: KUR BRI 2023 Dibuka Kapan? Ada Tiga Katagori Yang Tersedia, Salah Satunya Sediakan Pinjam 500 Juta

• Berhati-hati dengan informasi pribadi: Anak harus diajarkan untuk tidak memberikan informasi pribadi, seperti nama, alamat, dan nomor telepon kepada orang asing.

• Jangan berpisah dari anak: Orang tua harus memantau aktivitas anak mereka dan berusaha untuk selalu berada dekat dengan mereka, terutama saat mereka sedang bermain di luar rumah.

• Jangan meninggalkan anak sendirian: Anak harus selalu ditemani oleh orang dewasa saat mereka berada di tempat-tempat publik, seperti taman bermain atau pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akui Kenaikan Harga Beras di Seluruh Provinsi

• Berhati-hati dengan internet: Anak harus diajarkan tentang bagaimana berhati-hati saat berinteraksi dengan orang asing melalui internet dan media sosial.

• Berkoordinasi dengan sekolah: Orang tua dan sekolah harus bekerja sama untuk memastikan bahwa anak selalu aman saat berada di sekolah.

• Menjaga pengawasan: Orang tua harus memastikan bahwa anak mereka tidak bertemu dengan orang asing yang tidak dikenal tanpa pengawasan dewasa.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler