Respon Menteri PUPR Soal Anies Bandingkan Pembangunan Jalan di Era Jokowi dan SBY

Kamis 25-05-2023,14:20 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, merespon kritikan capres Anies Baswedan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pembangunan infrastruktur jalan yang dinilainya masih kalah dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sudah, sudah. Berpolemik. Nanti kata data bakal memperbaiki," kata Basuki di KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Mei 2023.

Diketahui, Menteri Basuki hari ini menyambangi KPK bersama jajaran Kementerian PUPR. Dia hadir dalam pelatihan penguatan antikorupsi bagi penyelenggara negara.

Pria kelahiran Surakarta ini tidak terlalu menggubris kritikan dari Anies Baswedan tersebut. Dia hanya menyebut data yang tersaji di Badan Pusat Statistik (BPS) telah benar. "Datanya bagus, datanya betul," ujar Basuki.

Baca Juga: NasDem Mengaku Sudah Usul Satu Nama Cawapres Untuk Dampingi Anies

Seperti diketahui, Anies mulanya memaparkan pembangunan jalan tol di era Jokowi memang besar bahkan 63% jalan tol di Indonesia dibangun selama 2014 hingga sekarang. Totalnya ada sepanjang 1.569 kilometer, dari total 2.499 kilometer jalan tol yang ada di Indonesia.

Sementara itu, jalan nasional yang berhasil dibangun Jokowi, menurut data yang Anies paparkan, hanya sebesar 19 ribu kilometer.

"Jalan tak berbayar yang digunakan secara gratis yang menghubungkan mobilitas penduduk dari sudut desa ke perkotaan, yang membawa produk pertanian, perkebunan, perikanan, dari sentra sentra tempat dihasilkan ke wilayah pasar baik jalan nasional, provinsi, ataupun jalan kabupaten, terbangun 19 ribu km di pemerintahan ini," ungkap Anies saat menghadiri perayaan Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/5).

Lalu Anies membandingkannya dengan era SBY menjabat presiden, ada sekitar 144 ribu kilometer atau 7,5 kali lipat dari jalan yang dibangun Jokowi.

Baca Juga: Sindir yang Suka Eksis di Depan Kamera, Anies Baswedan Kena Semprot Balik: Lah, Anda kan Boneka Oligarki Ke mana-mana Naik Jet

"Bila dibandingkan dengan jalan nasional di pemerintahan ini membangun jalan nasional 590 km di era sebelumnya 11.800 kilometer, 20 kali lipat. Ini belum bicara mutu, standard, dan lain-lain, hanya panjangnya," ungkap Anies.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler