Iran Peringatkan OPEC Soal Adu Domba Barat

Senin 29-05-2023,08:58 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Syahrul Ramadhan

SIASAT.CO.ID - Presiden Iran menyerukan persatuan yang lebih erat di antara negara-negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk menggagalkan plot-plot perpecahan yang dibuat oleh sejumlah pemerintah Barat.

Dikutip dari Tasnimnews, dalam pertemuan tersebut Ebrahim Raisi bertemu dengan Sekretaris Jenderal OPEC Haitham Al -Ghais, yang diadakan di Teheran pada Sabtu 27 Mei 2023, Presiden Iran Ebrahim Raisi memperingatkan bahwa sejumlah pemerintah Barat berusaha menabur perpecahan dan perselisihan di antara anggota OPEC untuk mencapai kepentingan mereka sendiri.

“Menghadapi langkah-langkah (Barat) tersebut, anggota OPEC harus mencegah pemenuhan tujuan tersebut dengan memperkuat persatuan mereka,” kata Raisi.

Selain menjelaskan interaksi konstruktif di antara anggota OPEC sebagai faktor penting dalam keberhasilan organisasi ia juga menambahkan bahwa Republik Islam Iran selalu mempertahankan kerja sama yang konstruktif dengan OPEC dan berencana untuk melanjutkan, memperkuat, dan mempromosikan kerja sama tersebut.

Baca Juga: Iran dan Irak Komitmen Perluas Kerja Sama

Sementara itu, Al-Ghais memuji Iran sebagai anggota pendiri OPEC yang selalu memiliki kerja sama yang bermanfaat, efektif dan konstruktif dengan anggota lainnya.

Presiden Iran Ebrahim Raisi

"Iran selalu memberikan kontribusi untuk persatuan yang lebih dekat dari anggota OPEC, baik di tingkat menteri dan teknis", ungkap Ghais

Menguraikan situasi terbaru di pasar minyak, Ghais mengungkapkan harapan bahwa konsensus di antara negara-negara anggota OPEC serta dukungan dan kerja sama konstruktif Iran akan membantu memulihkan ketenangan pasar minyak global.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler