Anies Ungkap Kekhawatiran Para Relawan, Usai Jokowi Bilang Bakal Cawe-cawe di 2024

Selasa 30-05-2023,21:43 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Calon presiden (capres) Anies Baswedan, menerima banyak aspirasi dan kekhawatiran soal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terkesan membenarkan sikap cawe-cawe dalam konteks Pemilu 2024.

"Jadi merespons pemberitaan yang mengungkapkan bahwa Presiden mengambil sikap untuk akan bersikap tidak netral dan akan cawe-cawe. Semenjak semalam sampai tadi siang kami banyak sekali menerima ungkapan aspirasi dan kekhawatiran," kata Anies di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa, 30 Mei 2023.

Anies menuturkan bahwa kekhawatiran para relawannya tersebut lebih kepada mempertanyakan netralitas Pemilu, yang berpotensi menimbulkan sikap tidak fair terhadap salah satu capres.

"Ada yang mengungkapkan kekhawatiran penjegalan, ada yang mengungkapkan kekhawatiran kriminalisasi, ada yang kekhawatiran tentang tidak netralnya penyelenggaraan pemilu, ada kekhawatiran tentang caleg-caleg yang mungkin dapat diperlakukan tidak fair, partai-partai yang dapat perlakuan tidak fair, calon-calon presiden yang dapat perlakukan tidak fair," tutur Anies.

Baca Juga: GP Center Adukan Anies Ke Bareskrim, Atas Dugaan Pidato Hoaks

"Kemudian potensi terjadinya kecurangan, yang semua itu dikhawatirkan muncul akibat adanya pernyataan bahwa tidak netral dan cawe-cawe," imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap ungkapan kekhawatiran itu tak terwujud sehingga Pilpres 2024 berjalan secara netral tanpa ada kecurangan.

"Nah, kami berharap kekhawatiran-kekhawatiran yang tadi diungkapkan tidak benar. Itu adalah kekhawatiran saja dan dalam kenyataannya pemilu tetap seperti semula, pilpres seperti semula. Setiap partai punya hak yang sama untuk mencalonkan, setiap caleg punya hak yang sama untuk berkampanye dan mendapatkan perlakukan yang sama. Begitu juga setiap capres memiliki hak yang sama, penyelenggara juga melakukan ini dengan fair, dengan baik, dan netral," imbuhnya.

Baca Juga: Ganjar Sowan ke Ulama Besar di Banten, Loyalis Anies Langsung Mencak-mencak: Ini Bukti Politik Identitas

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku akan tetap cawe-cawe demi bangsa dan negara, termasuk Cawe-cawe di Pemilu 2024. "Demi bangsa dan negara saya akan cawe-cawe, tentu saja dalam arti yang positif," ucap Jokowi di Istana Negara, Senin, 29 Mei 2024.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler