Syarifah Fadiyah Alkaff di Sorot Mahfud MD, Usai Dilaporkan Polisi Gara-Gara Kritik Pemkot Jambi

Selasa 06-06-2023,17:38 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID -- Siswi SMP Syarifah Fadiyah menjadi sorotan publik setelah dirinya mendapat tuntutan hukum dari Pemkot Jambi. Dalam laporan itu, Syarifah dijerat dengan pasal berlapis UU ITE. Hal itu berkenaan dengan konten video yang dibuat dan diunggah SAF di TikTok.

Mengetahui hal ini, Menkopolhukam Mahfud MD segera turun tangan. Mahfud menegaskan bahwa siswi SMP yang sedang dihadapkan pada tuntutan dari Pemkot Jambi tidak akan dibiarkan menghadapinya sendirian.

Untuk alasan tersebut, Mahfud MD memastikan bahwa akan ada tiga lembaga yang akan dikirimkan secara bersamaan untuk mendampingi siswi SMP bernama Syarifah Fadiyah Alkaff.

Ketiga lembaga yang akan dikirim oleh Mahfud MD adalah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPA), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Komisi Perlindungan Anak.

Baca Juga: Mahfud MD Ternyata Pernah Tolak Tawaran PKS Jadi Cawapres Anies

Sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD menyatakan bahwa tim tersebut akan segera dikirim untuk memberikan bantuan kepada Syarifah Fadiyah Alkaff, siswi SMP tersebut.

Tim ini bertujuan untuk melindungi dan membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi olehnya. Kepastian itu disampaikan Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya.

“Polhukam akan berkordinasi dgn Kementerian PPA, Kompolnas, dan Komisi Perlindungan Anak utk bisa ke Jambi, membantu mendampingi anak ini,” cuit Mahfud MD, Senin 5 Juni 2023.

Mahfud MD juga menyampaikan bahwa tim ini dikirimkan untuk memastikan bahwa anak-anak diperlakukan sesuai dengan hukum yang berlaku untuk mereka.

“Dampingi, lindungi, dan jernihkan masalahnya, perlakukan anak-anak sesuai dgn hukum yang berlaku bagi anak-anak,” tegas Mahfud.

Baca Juga: Bareskrim Polri Paksa Periksa Alvin Lim Saat Sedang Sakit, LQ Indonesia Lawfirm: Ini Pelanggaran HAM

Tuntutan Pemkot Jambi kepada siswi SMP Syarifah Fadiyah Alkaff ini bermula dari unggahan video yang dibuatnya. Dalam video itu, Syarifah Fadiyah Alkaff menuduh adanya kongkalikong antara PT Rimba Palma Sejahtera Lestari dengan Pemkot Jambi.

Ia menyatakan, rumah neneknya, Habsah, mengalami kerusakan akibat aktivitas PT Rimba Palma Sejahtera Lestari. Itu lantaran perusahaan tersebut menggunakan kendaraan dengan muatan melebihi batas maksimal yang seharusnya.

Syarifah menyatakan bahwa kendaraan dengan muatan yang berlebihan itu dapat melewati jalan depan rumah neneknya karena adanya izin dari Pemkot Jambi.

Protesnya akhirnya berujung pada intimidasi dan penghinaan yang dilakukan oleh seorang influencer dengan akun @debiceper23.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler