Bicara soal Cita-Cita Bung Karno, Jokowi: Indonesia Harus Dihormati Dunia

Sabtu 24-06-2023,17:37 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.

Dalam sambutannya tersebut, Jokowi menyinggung pemikiran serta cita-cita Presiden pertama RI, Sukarno (Bung Karno) yang sudah sepatutnya terus dihidupkan oleh generasi saat ini.

Ia mengungkapkan bahwa Bung Karno begitu menginginkan Indonesia menjadi bangsa yang besar dan berperan di antara negara-negara dunia.

"Bung Karno telah memberikan arah perjuangan kita jadilah Indonesia bangsa yang besar, jadilah Indonesia mercusuar yang gemilang, yang sinarnya menginspirasi banyak bangsa dan yang tampak berkilau di tengah peta dunia. Indonesia harus menjadi bangsa besar yang kokoh yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam berkebudayaan," ucap Jokowi.

Baca Juga: Prabowo Terlihat Antusias saat Disambut Ratusan Relawan Jokowi dan Gibran

Jokowi mengatakan Indonesia harus menjadi bangsa yang maju, adil, makmur dan dihormati di dunia internasional.

"Kita harus segera meraih Indonesia maju yang adil dan makmur, Indonesia yang damai dan bersatu dan Indonesia yang dihormati dunia," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengingatkan soal pesan Bung Karno untuk menjaga persatuan bangsa. Ia menambahkan, sesama anak bangsa harus saling bergotong royong dan tidak boleh berpecah belah.

"Bung Karno pernah mengatakan, kita tidak boleh terpecah-pecah, jangan gontok-gontokan, jangan gebuk-gebukan, jangan fitnah-fitnahan, stop semuanya itu. Dan yang harus kita lakukan adalah kita harus bersatu padu, kita harus terus bergotong royong sebagaimana pesan Bung Karno kita harus berjiwa cakrawati samudra berani mengarungi gelombang, kokoh menghadapi hempasan ombak," pungkas Jokowi.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler