Politisi PDIP Sentil SBY soal buku Pilpres 2024 & Cawe-Cawe Presiden Jokowi

Selasa 27-06-2023,20:52 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Anggota DPR RI Fraksi PDIP Masinton Pasaribu merespons buku yang ditulis oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal penjegalan Anies dalam bukunya 'The President Can Do No Wrong: Pilpres 2024 & Cawe-Cawe Presiden Jokowi'.

Ia meminta tidak ada pihak yang menyalahkan pemerintah Jokowi jika Anies Baswedan gagal menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Kalau enggak bisa terbang jangan salahin udara. Ya kan, jangan-jangan pilotnya yang enggak kompeten untuk terbangkan pesawatnya atau ya memang pesawatnya memang pesawat rusak," ujar Masinton di kompleks parlemen, Selasa, 27 Juni 2023.

Masinton menegaskan pemerintah tak akan melakukan tindakan yang melanggar konstitusi, apalagi melakukan penjegalan terhadap salah satu calon.

Baca Juga: https://siasat.co.id/ini-buku-baru-sby-tentang-pilpres-pilpres-2024-dan-cawe-cawe-presiden-jokowi/

Politisi PDIP itu menjelaskan, syarat untuk capres telah diatur secara gamblang melalui UU Pemilu, yakni syarat ambang batas presiden sebesar 20 persen.

"Jadi ditanyakan partai-partai politik yang akan mengusung keseriusan dari masing-masing parpol tadi," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, SBY di dalam bukunya menyinggung banyak hal terkait Pilpres 2024. Salah satunya, terkait penjegalan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

SBY menilai Jokowi bisa saja melakukan penjegalan agar Anies Baswedan gagal tampil sebagai capres pada Pemilu 2024. Ia menekankan langkah politik itu sah-sah saja asalkan tak melanggar hukum.

Baca Juga: https://siasat.co.id/mimpi-sby-rekonsiliasi-koalisi-dan-pemimpin-beda-visi/

Namun, SBY menyoroti etika Jokowi jika benar-benar melakukan hal tersebut dengan penyalahgunaan kekuasaan. Misalnya, dengan mencari-cari kesalahan Anies hingga ditetapkan sebagai tersangka dalam sebuah kasus pidana.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler