Jokowi Dorong Pemekaran Papua: Percepat Pelayanan Masyarakat dan Pembangunan

Sabtu 08-07-2023,12:17 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pemekaran di wilayah Papua dipercepat agar segala macam kebutuhan pelayanan masyarakat terpenuhi. Menurutnya, dengan pembentukan tiga provinsi baru di Papua, dapat mempercepat pembangunan.

"Karena mengontrolnya, controlling, kontrol ke masyarakat lebih dekat, mestinya pelayanan akan lebih baik. Pembangunan juga akan lebih cepat," kata Jokowi kepada wartawan di Waibu Agro Eduwisata, Kabupaten Jayapura, Papua, dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 7 Juli 2023.

Jokowi menyayangkan, ketika warga yang ingin mendapat pelayanan harus ke Jayapura dahulu. Menurutnya, hal itu menyulitkan warga karena harus jauh-jauh ke Jayapura lebih dulu.

"Bayangkan (kalau) dulu. Ibu kotanya Provinsi Papua di Jayapura, yang di Merauke kalau ingin mendapatkan pelayanan dari provinsi datang ke, jauh banget. Nanti ada ini sekarang sudah bisa di Merauke, di Papua Selatan bisa di Merauke, Boven Digoel, mana lagi yang Papua Selatan bisa semuanya bisa dilayani di empat kabupaten yang ada di Papua Selatan," ucap Jokowi.

Baca Juga: https://siasat.co.id/soal-kondisi-papua-jokowi-aman-aman-saja-tak-perlu-membesar-besarkan-masalah-kecil/

"Bisa dilayani di Merauke. Tidak usah ke Jayapura. Agar mempercepat pelayanan, mempercepat pembangunan," lanjutnya

Tiga provinsi baru di Papua sudah diresmikan sejak November 2022. Tiga provinsi yang diresmikan yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler