Olahraga Berlebihan Jadi Ancaman Tersembunyi Bagi Jantung

Kamis 23-11-2023,09:00 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Dalam upaya mencapai kebugaran dan menjaga kesehatan jantung, olahraga sering menjadi pilihan. Namun, perlu diingat bahwa olahraga yang berlebihan dapat menyimpan risiko serius, bahkan hingga menyebabkan serangan jantung, seperti yang disampaikan oleh Dr. Abhijit Borse, ahli jantung di Asian Heart Institute Mumbai.

Menurutnya, rutinitas olahraga yang terlalu ketat, meskipun bertujuan untuk mencapai kebugaran fisik puncak, dapat secara tidak sengaja mengundang masalah kesehatan yang serius.

"Olahraga berlebihan terjadi ketika seseorang intens berolahraga tanpa memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat dan pulih," kata Borse.

Ia menyoroti kekhawatiran utama terkait olahraga berlebihan, yaitu ketegangan pada jantung. Meskipun jantung normalnya merespons dengan memompa lebih banyak darah selama aktivitas fisik berat, olahraga yang ekstrem dapat membuat jantung terlalu bekerja dan lelah, meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung.

Seiring waktu, olahraga berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai "remodeling jantung akibat olahraga", di mana jantung mengalami perubahan struktural untuk menyesuaikan peningkatan aliran darah.

BACA JUGA:Tips Memasak Beras Merah agar Tetap Pulen dan Nikmat

Meskipun biasanya tidak berbahaya pada atlet terlatih, pada mereka yang berolahraga berlebihan tanpa bimbingan yang tepat, dapat menjadi masalah.

Risiko lainnya termasuk peningkatan detak jantung yang terus-menerus, melemahnya otot jantung, dan risiko irama jantung yang tidak normal, yang dapat meningkatkan peluang pembentukan gumpalan darah dan risiko stroke.

Olahraga berlebihan juga dapat berkontribusi pada pengembangan penyakit jantung, terutama pada individu dengan faktor risiko yang sudah ada sebelumnya.

Untuk menjaga jantung tetap aman, Borse menekankan pentingnya mendengarkan tubuh, mengamati tanda-tanda nyeri atau kelelahan, dan merencanakan hari istirahat secara teratur.

Dia juga menyarankan variasi rutinitas latihan dan pertimbangan untuk bekerja dengan pelatih guna membantu merancang perencanaan olahraga yang tepat sesuai dengan kebugaran dan tujuan individu.

Kategori :

Terpopuler