Kabupaten Waropen Manfaatkan Potensi Kepiting dan Beras di Sail Teluk Cenderawasih Biak 2023

Minggu 26-11-2023,11:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Wakil Bupati Waropen, Lamek Maniagasi, mengungkapkan bahwa Kabupaten Waropen, Papua, menjadikan potensi kepiting dan beras sebagai produk unggulan dalam pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC) di Biak, Papua, Minggu (26/11/2023).

Lamek melaporkan bahwa penjualan 7.000 ekor kepiting sukses habis terjual selama pameran STC Biak.

"Pada pameran STC Biak kami membawa 7.000 ekor kepiting sudah habis dibeli pengunjung," kata Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi.

Dalam satu hari tersisa pameran STC, mereka berencana memanfaatkan kesempatan untuk memasarkan produk perikanan lainnya, termasuk udang, dan sektor pertanian beras. 

Lamek menekankan bahwa kualitas beras produksi Waropen sangat baik, dengan petani warga Orang Asli Papua (OAP) terus meningkatkan tanaman padi di lahan seluas 100 hektare.

BACA JUGA:UMKM di Kabupaten Tangerang Jadi Pilar Utama Pertumbuhan Ekonomi

"Petani warga OAP di Kabupaten Waropen terus meningkatkan tanaman padi di lahan seluas 100 hektare," katanya.

Lamek mengakui perhatian Presiden Joko Widodo terhadap pembangunan di Papua, termasuk dukungan melalui Sail Teluk Cenderawasih Biak. Dia berharap STC dapat menarik investor, terutama dalam sektor kemaritiman, perikanan, ekonomi, dan pariwisata daerah.

"Melalui STC, kami berharap dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di Biak, terutama pada potensi kemaritiman dan perikanan, ekonomi, dan pariwisata daerah," ucapnya.

Pelaksanaan STC Biak 2023, yang berlangsung pada 21-27 November, melibatkan berbagai kegiatan strategis nasional, seperti ekspor hasil perikanan, diplomatik tour, pameran UMKM, pentas seni hiburan budaya adat Saereri, dan temu bisnis pengusaha nasional dengan pelaku usaha Papua serta temu bisnis ekonomi investasi. 

Meski hari tersebut juga merupakan waktu ibadah Minggu bagi jemaat Kristiani, tingkat kunjungan wisatawan di lokasi STC tetap lancar hingga H+6. 

BACA JUGA:Mulyanto Minta Erick Thohir Jangan Lembek Hadapi PT. Vale

Keempat kabupaten penyelenggara STC 2023 meliputi Biak Numfor, Sarmi, Waropen, dan Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan tema kegiatan "Memantapkan kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik" dan tagline "Torang Hebat!"

Kategori :

Terpopuler