Longsor di Kawasan Industri Milleniun, Dua Pekerja Selamat dari Timbunan Tanah

Jumat 08-12-2023,10:00 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Dua pekerja yang sedang melaksanakan pembangunan Tempat Pembenahan Tanah (TPT) di Kawasan Industri Milleniun, Kelurahan Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (7/12/2023), mengalami insiden tertimbun material longsor.

Camat Tigaraksa, Cucu Abdul Rosid, membenarkan peristiwa tersebut. Menurut dia, kedua korban telah dilarikan ke RS Metro Hispital Cikupa dan klinik setempat.

"Ya betul, ada yang tertimpa tanah longsor. Satu orang dibawa ke RS Metro Hispital Cikupa dan satu orang lagi di bawa ke klinik," ungkapnya kepada ANTARA di Tangerang.

Kejadian tanah longsor terjadi di Kampung Bugel Lebak, RT/RW 01/03, Kelurahan Kadu Agung, sekitar pukul 13:55 WIB. Pada saat itu, empat pekerja tengah mengerjakan pembangunan pondasi atau Tempat Pembenahan Tanah (TPT), yang berdampak pada rumah warga setempat.

Warga dan sesama pekerja di sekitar lokasi kejadian segera memberikan pertolongan dengan menggunakan alat berat untuk mengevakuasi kedua korban yang tertimbun tanah.

BACA JUGA:Pemkot Tangsel Rencanakan Gedung Uji KIR Baru untuk Atasi Antrean Kendaraan Besar

Berkat upaya cepat ini, kedua korban berhasil ditemukan dan selanjutnya dirawat di Rumah Sakit.

"Kedua korban dalam keadaan baik-baik saja dengan luka ringan. Mereka hanya tertimpa di bawah saat sedang bekerja, dan pihak Millenium bertanggung jawab," katanya.

Pasca-insiden tersebut, pihak berwenang menyarankan kepada warga di sekitar proyek pembangunan pondasi yang terdampak tanah longsor untuk segera pindah ke lokasi lebih aman, mengingat masuknya musim hujan yang meningkatkan risiko kembalinya longsor.

"Kami mengimbau kepada warga yang sebelumnya terdampak tanah longsor agar segera melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman, baik itu ke rumah saudara atau dengan mengontrak tempat tinggal baru," kata Cucu.

Meskipun kejadian tersebut menyebabkan korban, pihak kawasan Millenium tetap berkomitmen untuk melanjutkan proyek perbaikan tanah longsor. Hal ini dikarenakan komitmen mereka kepada warga setempat untuk melakukan perbaikan.

BACA JUGA:Daya Beli Masyarakat Kota Tangerang Meningkat Pasca Pandemi

"Saya ingin menegaskan komitmen dari pihak Millenium dalam langkah-langkah perbaikan. Saya juga telah memerintahkan kepada lurah bersama Babinsa dan Binmas untuk mengawasi pembangunan tersebut, sehingga warga sekitar dapat merasa aman," katanya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tercatat bahwa sebanyak 10 unit rumah di Kelurahan Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, mengalami dampak serius akibat terjadinya longsor.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sidrajat, menyampaikan bahwa musibah longsor yang merusak rumah warga ini disebabkan oleh tingginya curah hujan dan pembangunan kawasan industri yang dikelola oleh Millenium.

Kategori :

Terpopuler