Pilpres 2024 Diprediksi Berlangsung 2 Putaran, Elektabilitas Paslon Belum Capai 50 Persen

Jumat 05-01-2024,09:00 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Pengamat Politik, Emrus Sihombing, memperkirakan bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung dalam dua putaran.

Prediksi ini didasarkan pada fakta bahwa belum ada lembaga survei yang merilis elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan suara lebih dari 50 persen.

"Sejauh ini, tidak ada lembaga survei yang merilis elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan suara lebih dari 50 persen plus satu, yang merupakan syarat minimal untuk memenangkan pilpres," ujar Emrus saat dihubungi di Jakarta pada Jumat (5/1/2024).

Emrus memberikan pernyataan ini sebagai respons terhadap klaim Gerakan Satu Putaran (GSP), yang menyatakan bahwa pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, memiliki peluang 70 persen untuk memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Namun, menurut Emrus, klaim tersebut tampaknya sulit untuk direalisasikan jika merujuk pada teori probabilitas yang menjadi dasar survei.

BACA JUGA:Kinzie Almeer: For Gibran Jatim Komitmen Sokong Asta Cita Prabowo-Gibran untuk Kemajuan Daerah

"Secara rasional, saya pikir sulit untuk mencapai suara 50 persen plus satu dalam satu putaran, mengingat ada tiga pasangan calon," kata Emrus.

Sebagai contoh, Emrus merujuk pada rilis survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 3-5 Desember 2023 yang menempatkan Prabowo-Gibran di angka 45,6 persen, diikuti oleh Ganjar-Mahfud dengan 23,8 persen dan Anies-Muhaimin dengan 22,3 persen.

Selain itu, survei dari Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran di bawah 40 persen, tepatnya 39,3 persen, diikuti oleh pasangan AMIN dengan 16,7 persen dan pasangan Ganjar-Mahfud dengan 15,3 persen.

"Jika Pilpres 2024 berlangsung dalam satu putaran, ini akan menyimpang dari teori probabilitas, yang akan menimbulkan pertanyaan besar," kata Emrus.

Sebelumnya, Ketua Umum Gerakan Sekali Putaran, Muhammad Qodari, pada Kamis (4/1), menyatakan optimisme bahwa Prabowo-Gibran memiliki peluang 70 persen untuk memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

BACA JUGA:Prabowo Dorong Kader Gerindra Sosialisasikan Program Jokowi ke Publik

"Saya percaya, peluang untuk satu putaran adalah 70 persen," kata Qodari dalam diskusi "Ngobrol Bareng Pilpres Sekali Putaran" di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Qodari menyatakan bahwa peluang pasangan Prabowo-Gibran mencapai 70 persen berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga.

Survei tersebut menunjukkan pasangan ini unggul dari dua calon lain dalam Pilpres 2024.

Kategori :

Terpopuler