Masyarakat Disarankan Kompres dengan Es saat Keseleo di Pergelangan Kaki

Kamis 18-01-2024,11:00 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi, dr. Andi Praja Wira Yudha Lutfi, memberikan saran kepada masyarakat yang mengalami keseleo di bagian kaki.

Ia menyarankan agar tidak langsung melakukan pijat pada area yang terluka, melainkan menggunakan kompres es karena otot sedang mengalami peradangan.

"Kami menyarankan untuk tidak langsung melakukan pijatan, tetapi kompres dengan air dingin pada bagian kaki yang mengalami keseleo," ujar dr. Andi di Tangerang, Banten, pada Rabu kemarin.

Menurutnya, tindakan kompres dengan es bertujuan untuk menyempitkan pembuluh darah yang robek. Setelah proses kompres selesai, bagian kaki yang mengalami keseleo perlu diperban dan dilakukan elevasi, yaitu dengan meninggikan kaki.

"Setelah melakukan kompres dan memasang perban, pasien disarankan untuk meninggikan kaki di atas jantung dengan bantuan bantal atau penyangga lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah penumpukan darah pada bagian bawah, yaitu kaki," jelas dr. Andi.

BACA JUGA:Hasil Studi Obat Tidur Berpotensi Tingkatkan Risiko Demensia

Ia juga menambahkan bahwa cedera pada pergelangan kaki memiliki beberapa gejala, seperti rasa nyeri ringan yang hilang dalam hitungan menit hingga jam.

Namun, beberapa kasus lain dapat menyebabkan nyeri hebat yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk pulih.

Beberapa jenis cedera pergelangan kaki yang umum terjadi adalah keseleo yang disebabkan oleh perputaran kaki secara tidak sengaja, sehingga menyebabkan peregangan atau robeknya satu atau lebih ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang.

Selain itu, tendonitis juga dapat terjadi akibat penggunaan pergelangan kaki secara berlebihan, terutama saat berolahraga atau berjalan dalam waktu yang lama tanpa istirahat. Patah tulang juga dapat terjadi pada tulang atau sendi sekitar pergelangan kaki, biasanya disebabkan oleh benturan keras.

"Lalu ada juga fracture stress, yaitu retakan kecil pada tulang akibat gerakan berulang dan penggunaan kaki yang berlebihan, seperti melompat-lompat berulang kali atau berlari dalam jangka waktu lama," jelasnya.

BACA JUGA:Bolehkah Tidur Sore? Benarkah Dapat Menyebabkan Gila? Simak Penjelasannya

dr. Andi menekankan bahwa pemilihan sepatu yang tepat juga merupakan faktor penting dalam mencegah cedera pergelangan kaki. Selain itu, bagi mereka yang berolahraga lari, disarankan untuk memperhatikan teknik berlari, termasuk posisi kaki, lutut, dan pinggul.

Ia juga memastikan bahwa cedera pergelangan kaki dapat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari hingga minggu jika luka dijaga dengan baik.

Namun, jika metode penanganan di rumah tidak memberikan hasil yang baik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Kategori :

Terpopuler