Sekolah Pemilu KNPI Cilegon: Bangun Partisipasi Aktif Pemuda dalam Pemilu 2024

Minggu 21-01-2024,08:00 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Cilegon mengadakan Sekolah Pemilu pada Sabtu (20/1) di Aula DPRD Kota Cilegon.

Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi pemuda dan mahasiswa mendapatkan pendidikan politik.

Sekolah Pemilu dengan tema "Peran Vital Pemuda Dalam Menjemput Masa Depan Politik, Pemilu Serentak 2024 Sebagai Panggungnya" ini dibuka oleh Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta.

Acara ini juga dihadiri oleh Isra Mi'raj, Ketua DPRD Kota Cilegon, serta perwakilan dari Polres dan Dandim Kota Cilegon.

Narasumber dalam acara ini adalah Alam Arcy Ashari, Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Agung Kurniansyah, Komisioner KPU Kota Cilegon, dan Muhamad Syamsul Hidayat, Pemerhati Politik.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tangerang Ajak Forkopimda dan Parpol Wujudkan Pemilu Damai

Acara ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai organisasi dan komunitas.

Ketua DPD KNPI Kota Cilegon, Rizki Putra Sandika, mengemukakan Sekolah Pemilu adalah pendekatan politik yang bertujuan untuk menanamkan pemikiran tentang peran dan keterlibatan pemuda dalam pemilu.

"Sekolah pemilu bertujuan untuk memberikan pendidikan politik serta meningkatkan partisipasi pemuda dalam pemilu serentak 2024," ujarnya.

Ia menambahkan, pemuda sebagai salah satu penyumbang suara terbesar dalam pemilu serentak harus berperan aktif dalam Pemilu 2024.

"Kami berharap pemuda yang hari ini mengikuti sekolah pemilu dapat terlibat langsung dalam kegiatan pemilu baik sebagai pelaksana ataupun pengawas," jelasnya.

BACA JUGA:Jaga Keadilan Pemilu 2024: Lembaga Negara dan UI Teken Deklarasi Pengawasan Persidangan

Salah satu peserta Sekolah Pemilu, Arya Abdul Hadi, mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh DPD KNPI Kota Cilegon.

"Kegiatan ini cukup menarik dan membantu, baik masalah peraturan, pelanggaran dan mekanisme-mekanisme seputar Pemilu," ujarnya.

Ia juga menambahkan, "Narasumber yang diundang cukup berkompeten sehingga para peserta cukup antusias dan interaktif dalam mengikuti Sekolah pemilu."

Kategori :

Terpopuler