Pilih Peralatan Masak yang Aman dan Sehat, Kaca dan Baja Tahan Karat Rekomendasi Utama

Minggu 28-01-2024,18:00 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Saat memilih peralatan masak, disarankan bagi orang-orang untuk mempertimbangkan keamanan dalam penggunaan jangka panjang. Lalu, bahan apa yang disarankan?

Jim Perko, Koki di Center for Integrative & Lifestyle Medicine, the Cleveland Clinic, menjelaskan bahwa secara teknis, pilihan peralatan masak yang paling sehat dan aman bukanlah yang terbuat dari keramik atau berbahan PTFE yang dikenal dengan merek Teflon, melainkan peralatan masak yang terbuat dari kaca dan baja tahan karat.

"Jika Anda dapat menggunakan atau membeli panci dan wajan berbahan kaca atau Pyrex, yang terbuat dari baja tahan karat, ini adalah pilihan yang lebih sehat untuk digunakan seumur hidup," kata Perko seperti dikutip dari laman Health pada hari Minggu.

Namun, hal ini tergantung pada cara pelapisan peralatan masak. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk jenis logam dasarnya, lapisan yang digunakan, dan cara aplikasinya.

Umumnya, peralatan masak keramik terbuat dari logam dan dilapisi dengan bahan antilengket, seperti silikon.

BACA JUGA:Tips Memasak Beras Merah agar Tetap Pulen dan Nikmat

Meskipun relatif lebih aman pada suhu yang lebih tinggi, beberapa merek mungkin menggunakan lapisan yang mengandung logam berat.

Sementara itu, dalam kasus Teflon, saat ini digunakan bahan PFA yang menurut penelitian terkait dengan masalah kesehatan.

"Karena ada banyak merek yang berbeda, jenis pelapis, cara pelapisan, dan jenis logam yang digunakan untuk membuat panci, maka ada banyak variabel yang berpengaruh terhadap jangka waktu penggunaan dan keamanannya," jelas Perko.

Dia juga menambahkan bahwa alat masak besi cor atau cast iron termasuk pilihan yang aman, asalkan tidak digunakan untuk menggoreng atau memasak hidangan dengan suhu tinggi.

Kategori :

Terpopuler