Pantai Gading Lolos ke Semifinal Piala Afrika 2023, Afrika Selatan Singkirkan Cape Verde

Minggu 04-02-2024,12:43 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Tuan rumah Pantai Gading melaju ke semifinal Piala Afrika 2023 sementara Afrika Selatan mengikuti langkah mereka dengan menyingkirkan Cape Verde.

Pada pertandingan perempat final di Stade de la Paix, Bouake, Minggu dini hari WIB, Pantai Gading berhadapan dengan Mali.

Pantai Gading sudah ditekan lawan sejak awal pertandingan. Bahkan, Mali mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-16 setelah Odilon Kossounou melanggar Lassine Sinayoko.

Namun, eksekusi penalti Adama Traore gagal karena diselamatkan oleh Youssouf Fofana.

Pantai Gading harus bermain dengan 10 orang setelah Kossounou menerima kartu kuning kedua di akhir babak pertama karena melanggar Sinayoko.

BACA JUGA:Udinese vs AC Milan, Rossoneri Menang Dramatis 3-2 dalam Lanjutan Liga Italia

Mali memecah kebuntuan pada menit ke-71 setelah Nene Dorgeles mencetak gol. Namun, Pantai Gading berhasil menyamakan skor pada menit ke-90 melalui gol Simone Adingra.

Laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Ketika laga tampaknya akan dituntaskan dengan adu penalti, Pantai Gading mencetak gol keduanya di injury time babak kedua perpanjangan waktu.

Oumar Diakite mencetak gol untuk memastikan Pantai Gading lolos ke semifinal dengan skor akhir 2-1. Mereka akan menghadapi Republik Demokratik Kongo pada Kamis (8/2) dini hari WIB.

Pantai Gading tidak bisa diperkuat beberapa pemain inti karena akumulasi kartu seperti kapten Serge Aurier, Oumar Diakite, Odilon Kssounou, dan Christian Kouame.

Sementara itu, di laga perempat final lainnya, Afrika Selatan melaju ke semifinal lewat kemenangan adu penalti 2-1 atas Cape Verde setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Afrika Selatan akan bertemu Nigeria untuk memperebutkan tiket ke partai final pada Kamis (8/2) dini hari WIB.

Kategori :

Terpopuler