Ma’ruf Amin Sampaikan Belasungkawa Atas Gempa Turki, Indonesia Segera Kirim Bantuan

Selasa 07-02-2023,10:51 WIB
Reporter : Abdul Majid
Editor : Abdul Majid

SIASAT.CO.ID - Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan segera mengirimkan bantuan kemanusian pasca gempa yang telah menimpa Turki. Ia menyampaikan belasungkawa atas bencana yang terjadi di negara bekas kesultanan Ottoman tersebut.

"Kita sudah bicara-bicara dan ada pak Menhan Pak Prabowo, kita akan segera mengirim misi bantuan ke (Turki) dan itu bagian daripada tanggung jawab internasional kita,” kata Ma’aruf Amin disela kunjungan kerja ke kawasan industri Java Integrated dan Industrial Post Estate (JIIPE), Jawa Timur, Selasa, 7 Februari 2023.

Ia juga mengatakan, bahwa bantuan ini juga sebagai bagian dari misi kemanusiaan. Selain itu, Turki juga merupakan salah satu negara yang paling awal memberikan bantuan kemanusian bagi Indonesia saat terjadi bencana Tsunami di Indonesia.

Ma’ruf Amin menegaskan, sesama umat manusia sudah menjadi keharusan untuk saling membantu. Ia pun berharap Bantuan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dapat berkontribusi untuk membantu dalam misi kemanusian ini.

Baca Juga: Prabowo Subianto Diprediksi Kalah Kelima Kalinya Jika Maju Pilpres 2024

“Didunia ini memang harus saling membantu itu sudah menjadi tradisi kemanusian dan saya harapkan nantia juga BAZNAS dapat mengambil peran untuk itu,” ujarnya.

Gempa yang melanda wilayah Turki dan Suriah pada Senin, 6 Februari, dini hari. Sampai hari ini, tercatat gempa yang berukuran 7,8 magnitudo mengakibatkan 3.000 orang lebih meninggal dunia dan puluhan ribu luka-luka.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI melaporkan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban meninggal akibat gempa Turki. Walaupun Kemenlu mencatat terdapat tiga WNI yang dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler