Korupsi BTS Kemenkominfo, Kaum Milenial: Kapan Beresnya Program ini?

Jumat 27-01-2023,15:11 WIB
Reporter : Alfin Pulungan
Editor : Alfin Pulungan

JAKARTA, SIASAT.CO.ID - Kasus dugaan korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS) yang diprakarsai oleh BAKTI Kominfo kini terus bergulir. Baru-baru ini, Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung (JAM Pidsus Kejagung) memeriksa Greorius Aleks Plate, saudara Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Ketua Bidang Kajian Strategis Penggerak Milenial Indonesia, Irham Mudzakir, mendesak Kejaksaan Agung untuk mengungkap kasus ini hingga tuntas ke akar-akarnya.

"Ini korupsi besar, kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 1 triliun. Ini harus beres tuntas hingga ke akar. Saudaranya Menkominfo juga sudah diperiksa. Kejagung harus secepatnya periksa Menkominfo juga. Kok bisa ada kerabat menteri diduga terlibat," kata Irham dalam keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Jawab Permintaan Ibunda Bharada E

Irham menuturkan, program BAKTI untuk daerah 3T ini merupakan bagian dari upaya negara untuk memenuhi hak masyarakat dalam mengakses informasi. Tapi, kata dia, program tersebut justru dicederai dan dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mengeruk keuntungan.

"Kita merasa ditampar oleh fakta bahwa ada korupsi dibalik program percepatan akses internet untuk daerah 3T. Masih ada aja pejabat yang melakukan perampokan terencana dengan cara memanfaatkan program untuk masyarakat tertinggal. Intinya kami sakit hati. Sudah cukup lah kasus korupsi bansos dulu membuat publik marah dan sakit hati," katanya.

Menurut Irham, dampak dari kasus ini sangat serius dan bisa berpengaruh secara sistemik. Ia menjelaskan program strategis pemerintah untuk mendorong daerah tertinggal agar cepat mengejar ketertinggalan informasi bisa terhambat.

Baca Juga: Naik Kursi Roda dan Sarungan, Lukas Enembe Siap Diperiksa KPK

"Inget loh, hari ini, akses internet di sekolah itu menjadi vital. Untuk akses materi-materi pembelajaran peserta didik. Kalau dikorupsi begini, kapan beresnya itu program BTS. Masih banyak sekolah yang belum menikmati fasilitas internet dengan baik," kata Irham.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler