Sejarah dan Tema Hari Pers Nasional 2023, Lengkap Dengan Link Twibbon

Rabu 08-02-2023,09:20 WIB
Reporter : Lukman Hakim
Editor : Lukman Hakim

SIASAT.CO.ID – Berikut sejarah Hari Pers Nasional (HPI) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Hari Pers Nasional digelar setiap tahunnya sebagai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Melansir dari berbagai sumber, sejarah awal mula Hari Pers Nasional ini diadakan sejak masa pergerakan menuju kemerdekaan. Kala itu, wartawan memiliki dua peran sekaligus dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Yang pertama adalah wartawan sebagai aktivis pers yang memiliki tugas pemberitaan dan penerangan kepada masyarakat untuk membangkitkan kesadaran nasional.

Baca Juga: Bukan Pendukung Kelompok Radikal, GP Mania Resmi Dibubarkan

Kemudian yang kedua, wartawan sebagai aktivis politik yang selalu terlibat langsung dalam kegiatan perlawanan rakyat terhadap penjajah.

Setelah kemerdekaan Indonesia, wartawan masih memiliki kedudukan dan peran yang strategis dalam upaya melanjutkan cita-cita kemerdekaan.

Wartawan dan pers khususnya kemudian menjadi wadah dan media dalam lingkup nasional dan didirikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 9 Februari 1946.

Sementara itu, sejarah ditetapkannya Hari Pers Nasional telah dibahas oleh tokoh-tokoh pers untuk memperingati peran pers Indonesia dalam lingkup nasional di Kongres PWI ke-28 di Padang tahun 1978.

Baca Juga: Ternyata Sosok Ini di Balik Perjanjian Politik Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto

Pada tahun 2023 ini, Hari Pers Nasional diselenggarakan di Kota Medan, Sumatra Utara. Mengutip dari laman resminya, HPN 2023 mengusung tema ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’.

Untuk memeriahkan Hari Pers Nasional 2023, dapat dengan mengunggah foto dengan Twibbon HPN 2023 melalui link di bawah ini

KLIK DISINI:

https://www.twibbonize.com/mnsaw1


Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler