Presiden Jokowi: Bantuan Untuk Korban Bencana di Turki Sedang Disiapkan

Rabu 08-02-2023,11:17 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Indonesia dikabarkan bakal segera menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Turki, dalam rangka menolong para korban gempa di negara tersebut, Rabu 8 Februari 2023.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa saat ini sejumlah kementerian seperti Kementerian Sosial, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan, tengah berkoordinasi untuk menyiapkan bantuan yang akan dikirim ke negerinya Presiden Recep Tayyip Erdogan itu.

"Bantuan sedang disiapkan oleh Menteri Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan juga oleh Kemensos. Segera dikirim secepatnya," kata Presiden Jokowi dalam telekonfrensi di Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Rabu, 8 Februari 2023.

Duta Besar RI untuk Turki, Muhammad Iqbal, sebelumnya telah menyampaikan bahwa bantuan kemanusiaan tahap satu untuk membantu korban terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8, yang mengguncang bagian selatan Turki, sudah Indonesia untuk diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Turki (organisasi kemanusiaan Turki).

Baca Juga: Dari Turki Hingga Indonesia, Berikut Daftar Negara yang Rentan Terkena Gempa

"Saat ini saya bersama tim KBRI sedang bergerak menuju Gaziantep, untuk memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu kontainer bahan makanan dari pemerintah Indonesia untuk diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Turki (organisasi kemanusiaan Turki)," kata Dubes Iqbal dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler