Korban Gempa Turki-Suriah Tembus 21.000 ribu, Warga Semakin Resah.

Jumat 10-02-2023,03:50 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Jumlah korban tewas akibat gempa magnitudo yang melanda Turki dan Suriah kini melampaui 21.051, Jumat, 10 Februari 2023. Sebanyak 17.674 korban meninggal ditemukan di Turki sementara 3.377 di Suriah.

Diperkirakan jumlah korban akan semakin meningkat. Apalagi hawa dingin yang saat ini melanda kedua negara tersebut, menghambat pencarian ribuan orang yang masih tertimpa bangunan dan mengancam nyawa korban gempa lain yang tak memiliki tempat berlindung serta air minum.

"Tim penyelamat mencari korban selamat di lokasi bangunan yang runtuh dalam kegelapan di kota Adiyaman dengan suhu di bawah titik beku," kata lembaga penyiaran Turki dikutip Reuters.

"Kami menemukan bibi saya, tapi bukan paman saya," kata Rania Zaboubi, seorang pengungsi Suriah yang kehilangan delapan anggota keluarganya, dimuat AFP.

Baca Juga: Walikota Ankara, Sebut Gempa Turki Buatan Manusia

"Situasinya sangat buruk. Dan tidak ada bantuan," kata warga lainnya, Ibrahim Khalil

Sebagaimana diketahui, gempa terjadi Senin di pusat kota Kahramanmaras, Turki, dengan magnitudo 7,8. Dikutip dari berbagai sumber, ini disebabkan aktivitas Anatolian Plate (Lempeng Anatolia).

Gempa kemudian disusul dengan gempa lain, di hari yang sama, dengan magnitudo 7,5. Diyakini makin menambah jumlah korban jiwa.

Dikabarkan, gempa dahsyat ini tak hanya terasa di Suriah, gempa juga menggoyang Mesir, Lebanon, Yordania, Yunani. Bahkan memicu peringatan tsunami di Italia.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler