Gempa Papua Magnitudo 5,4, BNPB Ungkap Ada 4 Warga Meninggal Tertimpa Bangunan

Jumat 10-02-2023,10:23 WIB
Reporter : Lukman Hakim
Editor : Lukman Hakim

SIASAT.CO.ID – Berikut update gempa bumi berkekuatan magnitude 5,4 yang mengguncang wilayah Papua, Kamis 9 Februari 2023.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap sebanyak 4 warga meninggal dunia akibat gempa tersebut.

“Sebanyak empat warga meninggal dunia setelah terdampak gempabumi 5,4 SR yang terjadi di Kota Jayapura, Papua, Kamis 9 Februari 2023,” tulis keterangan BNPB dalam akun Twitternya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Jayapura, Asep Khalid menyebutkan keempat warga meninggal dunia tersebut ditemukan dari puing-puing bangunan cafeteria yang roboh akibat guncangan gempa bumi.

Pada kesempatan lain, BMKG menyebutkan terdapat sejumlah bangunan mengalami kerusakan di Jayapura, Papua akibat gempa magnitudo 5,4 yang mengguncang.

Baca Juga: Papua Diguncang Gempa Magnitudo 5,4 Banyak Bangunan Alami Kerusakan, BMKG Himbau Masyarakat Tetap Tenang

"Dampak gempa bumi ini menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan di Jayapura," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, Kamis, 9 Februari 2023.

Gempa tersebut mengguncang tanah Papua pada Kamis, 9 Februari 2023 sekitar pukul 13.28.02 WIB.

Daryono menyampaikan, guncangan gempa dirasakan juga di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas V MMI (Modified Mercally Intensity) atau getaran dirasakan hampir semua penduduk sehingga orang banyak terbangun.

Goncangan gempa tersebut pun terasa di daerah Kabupaten Keerom dengan skala intensitas III-IV MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu, dan skala intensitas III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu terasa di daerah Kabupaten Jayapura.

Baca Juga: Korban Gempa Turki-Suriah Tembus 21.000 ribu, Warga Semakin Resah.

Daryono memaparkan berdasarkan hasil pengamatan BMKG sejak 2 Januari 2023 hingga Kamis 9 Februari 2023 pukul 14:00 WIB telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 1.072 kali dengan 128 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat.

Sehubungan hal itu, ia menyatakan, agar masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal tahan terhadap gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.***

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler